Aug 3, 2015

Peluang Usaha Sampingan Penulis Artikel untuk Website/Blog

Peluang bisnis penulis artikel untuk website dan blog bisa jadi pilihan peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh siapapun. Ya siapapun? Bisnis ini bisa dijalankan oleh pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan yang lainnya asal mau meluangkan waktunya untuk membuat artikel. Membuat artikel bukan pekerjaan yang sulit karena bisa dipelajari dengan mudah banyak sekali aneka produk digital yang membahas seputar cara-cara membuat artikel yang nantinya bisa dijual ke pemilik website atau blog. 

Sebagai informasi tambahan, bahwa peluang menjadi penulis artikel untuk website atau blog sangat lebar dan menjanjikan. Bayangkan saja ada berapa situs atau blog diindonesia yang selalu membutuhkan artikel baru setiap harinya, ada banyak sekali situs yang membutuhkan artikel-artikel baru. Dan artikel-artikel tersebut tidak semuanya dibuat oleh pemilik blog atau website karena banyak juga mereka yang lebih membeli artikel dari pada susah payah menulis sendiri. Oleh karena itu bisnis ini bisa jadi bisnis sampingan yang menguntungkan dan dikerjakan dengan fleksibel.

Peluang usaha sampingan penulis artikel pic

Peluang Bisnis Sampingan Jasa Penulis Artikel untuk Website/Blog

Untuk anda yang tertarik ingin mencoba profesi ini, entah sebagai alternatif mencari penghasilan tambahan atau yang lainnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

1. Kualitas Artikel
Yang terpenting dari sebuah website adalah konten, karena konten merupakan pondasi utama yang menentukan kesuksesan sebuah blog/situs. Konten tersebut bisa berupa video, foto, artikel atau yang lainnya. Dan artikel merupakan salah satu konten yang paling dibutuhkan oleh situs-situs dan blog. Tentu saja artikel yang laku dijual adalah artikel yang berkualitas.

Lantas artikel seperti apa sih yang laku dijual? Artikel yang bisa diuangkan ialah artikel yang memiliki kualitas bagus seperti enak dibaca, bahasanya jelas, unik dalam artian bukan hasil copy paste, tata bahasanya baik, kaya informasi. Untuk memulai menulis mulailah dari tema-tema yang dikuasai misalnya anda memiliki passion dibidang gaya hidup sehat anda bisa mencoba menulis tips-tips hidup sehat yang bahan-bahannya dapat diperoleh diinternet tinggal mengolahnya sesuai imajinasi anda.

Baca juga : 3 Peluang usaha jasa paling laris

2. Harga Artikel
Harga artikel sebenarnya ditentukan oleh si penjual artikel namun untuk awalnya dan sebagai promosi kita bisa mengikuti harga pasaran pada umumnya. Dan pada umumnya artikel diharga berdasarkan jumlah katanya, kurang lebih seperti berikut ini :

- Artikel Bahasa Indonesia :
200 kata : 3 - 6 ribu
300 kata : 5 - 8 ribu
500 kata : 8 - 11 ribu
1000 kata : 12 - 15 ribu

- Artikel Bahasa Inggris :
200 kata : 8 - 11 ribu
300 kata : 10 - 13 ribu
500 kata : 14 - 18 ribu
1000 kata : 20 - 25 ribu

Dari harga diatas memang artikel bahasa inggris memiliki harga jual yang lebih mahal daripada artikel bahasa indonesia. Untuk itu jika anda bisa membuat artikel bahasa inggris tentu keuntungan yang akan anda peroleh akan lebih banyak lagi. Melihat dari daftar harga tersebut bukan berarti anda harus menjualnya dengan harga tersebut namun sebagai patokan saja. Untuk awalnya sebagai pengenalan anda bisa mencoba menawarkan harga yang lebih murah, baru jika pelanggan anda mulai bertambah anda bisa menambah harga jualnya. Berapapun harga jualnya jika artikel yang anda buat bagus dan berkualitas pasti akan banyak yang mencarinya.

3. Cara Menjual Artikel
Cara menjual setiap tulisan yang anda buat ada banyak, contohnya melalui media social atau facebook. Bergabunglah dengan berbagai grup facebook tempat berkumpulnya para blogger dan coba tawarkan jasa anda disana. Cara ini terbilang cara cepat dalam menjual artikel-artikel yang anda buat, apalagi untuk memulainya.

Nah jika dirasa telah mampu anda bisa membuka jasa penulis artikel professional contohnya dengan cara mencari karyawan dan mengajarinya membuat artikel atau bisa juga dengan membentuk tim yang terdiri dari rekan-rekan anda yang juga suka menulis. Kemudian buatlah sebuah website untuk mempromosikan jasa anda tersebut, selain jual artikel anda juga bisa menambahkan beberapa servis tambahan seperti jasa posting, jasa pembuatan video promosi dan lain sebagainya.

4. Konsumen adalah Raja Berikan Pelayanan Terbaik
Pelayanan adalah salah satu aspek terpenting untuk mengikat konsumen manjadi pelanggan anda selain dari kulitas artikel yang anda buat. Berikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen anda mulai dari komunikasi, pengiriman artikel yang tepat waktu, artikel sesuai yang diinginkan dan hal lain yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Untuk memaksimalkan pelayanan anda bisa menolak beberapa pembeli jika memang kewalahan, jangan sampai hanya mengejar untung namun pelayanan menurun. Beritahukan saja pada pengunjung berapa slot yang tersedia sehingga mereka tahu kalau mereka masih bisa dilayani. Tapi jangan sampai hal ini dibiarkan terlalu lama karena ini berarti saatnya anda menambah karyawan.

5. Mencari Partner Bisnis atau Karyawan
Apabila usaha jasa penulis artikel anda mulai banyak dikenal dan banyak pesanan, anda bisa mengajak orang lain untuk bekerja bersama anda atau istilahnya mencari karyawan. Ajarkan pada mereka cara membuat artikel yang baik dan berkualitas, bimbing mereka sehingga menjadi ahli dibidang menulis artikel dengan memberikan pelatihan yang bertahap, namun untuk melakukan ini anda membutuhkan tim. Akan tetapi dengan anda memiliki tim serta karyawan yang banyak anda bisa mengerjakan banyak order sehingga memperbesar peluang keuntungan yang akan anda dapat.

Baca juga : Tips memilih mitra bisnis yang tepat

Nah kami rasa mungkin itulah 5 tips penting dalam artikel kami yang berjudul peluang usaha sampingan penulis artikel untuk website/blog ini. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai salah satu ide bisnis yang menguntungkan.

Related Posts

Peluang Usaha Sampingan Penulis Artikel untuk Website/Blog
4/ 5
Oleh