Jul 26, 2015

Tips Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat Untuk Kemajuan Usaha

Tips memilih mitra bisnis yang tepat - Memilih mitra bisnis bukan hal yang mudah, kenapa? Layaknya memilih pasangan hidup memilih mitra untuk bisnis kita sama pentingnya dengan memilih pasangan hidup yang akan kita nikahi. Karena mitra bisnis ini sangat menentukan keberhasilan suatu usaha yang kita kelola. Kita harus sanggup menyatukan pikiran dan bekerja sama tanpa merasa lebih dari yang lain. Dan juga harus sanggup mendiskusikan dengan baik setiap tantangan yang akan dihadapi dikemudian hari tanpa adanya memaksakan kehendak sendiri melainkan mana pendapat terbaik yang harus dipilih.

Berbeda memang dengan memilih pasangan hidup, biasanya kita menilai dari penampilan luarnya dulu. Dan ini manusiawi kok karena memang manusia tertarik dengan orang yang memiliki penampilan yang menarik. Namun berbeda dengan memilih mitra bisnis karena yang dibutuhkan disini adalah kemampuan orang tersebut untuk menunjang keberhasilan usaha kita.

Lantas apa yang harus diperhatikan dalam memilih mitra bisnis yang tepat? Berikut beberapa tips memilih mitra bisnis yang tepat berdasarkan pengalaman para wirausahawan yang telah sukses dan bersedia berbagi sedikit tips dalam memilih mitra bisnis yang tepat.

Tips memilih mitra bisnis yang tepat

Cara Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat

1. Memiliki Maksud dan Tujuan Yang Sama
Maksud dan tujuan yang sama akan mempermudah tercapainya tujuan awal berdirinya usaha anda. Misal anda membangun usaha dengan tujuan untuk membantu banyak warga dalam artian untuk membantu mereka memberikan lapangan pekerjaan tentu saja akan bertolak belakang dengan memilih mitra yang hanya ingin mendapatkan kekayaan semata. Contoh lain misalnya jika tujuan usaha anda adalah untuk memecahkan masalah yang ada dilingkungan sekitar maka jangan bermitra dengan orang yang ingin memecahkan masalah global.

2. Memiliki Nilai-Nilai Yang Sama Dijunjung Tinggi
Hal ini cukup penting untuk mengetahui pasangan atau mitra bisnis anda mmepunyai nilai-nilai yang sama dijunjung tingginya dengan anda. Misalnya jika anda merupakan orang yang menjunjung tinggi integritas maka jangan bermitra dengan orang yang sering menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Karena hal ini tentu akan berakibat buruk untuk usaha anda dikemudian hari.

3. Meiliki Komitmen yang Sama
Usaha yang dijalani akan sangat sulit berkembang jika anda memiliki semangat dan kerja keras yang menggebu-gebu sedangkan mitra bisnis anda santai-santai dan mengandalkan anda. Bukan berarti harus berkontribusi yang sama karena ini tentu saja akan menimbulkan rasa iri dalam bermitra. Namun yang dimaksud disini adalah sesuai dengan komitmen yang memang disepakati diawal perjanjian dibuat. Kedua belah pihak harus saling sadar akan kewajibannya masing-masing.

4. Saling Melengkapi Satu dengan yang Lainnya
Nah untuk yang satu ini juga cukup mempengaruhi perkembangan suatu usaha. Sebagai contoh misalnya jika anda memiliki kemampuan lebih dalam bidang marketing, ya jangan juga mencari mitra bisnis yang jago dibagian marketing. Tetapi carilah mitra yang memiliki kelebihan dibidang akunting atau sales. Dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga : Tips mencari peluang usaha sampingan rumahan yang tepat

Demikianlah sedikit tips memilih mitra bisnis yang tepat yang merupakan pengalaman langsung dari para wirausahawan yang sukses mengembangkan usaha dengan bermitra. Semoga sedikit tips diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengembangkan usaha bersama mitra bisnis anda.

Related Posts

Tips Memilih Mitra Bisnis Yang Tepat Untuk Kemajuan Usaha
4/ 5
Oleh