Sep 12, 2015

Pelaku Usaha Kecil Menengah Mari Belajar dari Jack Ma

Pelaku Usaha Kecil Menengah Mari Belajar dari Jack Ma, anda pasti sudah tahu siapa sosok yang satu ini, meski memiliki perawakan kecil dan penampilannya yang kurang meyakinkan ini tetapi jangan sampai salah sangka, Jack Ma yang gurunya sempat mengajar bahasa inggris ini adalah pemilik Alibaba Group yang merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China. Jack Ma memang bukan seorang ahli dalam ilmu komputer bahkan sebelum tahun 1995 belum pernah menyentuh komputer sekalipun. Tetapi saat ini dialah pebisnis internet yang sukses dan mampu bersaing dengan perusahaan e-Commerce terbesar di dunia yakni ebay. Jack Ma akhir-akhir ini menjadi bahan pemberitaan yang santer di berbagai media Indonesia karena perusahaan e-Commerce yang dimilikinya yakni alibaba.com pernah menawarkan initial public offering (IPO) dengan nilai yang mencapai US $41 Milliar. Sebuah nilai yang sangat luar biasa besar.

Belajar dari Jack Ma Pelaku usaha kecil menengah

Sukses Menjalankan Usaha Kecil Menengah Ala Jack Ma

Artikel ini kami tulis spesial untuk para UKM, yang nantinya kita akan belajar bersama dari keynote speech Jack Ma saat menghadiri salah saru acara SME (small to medium sized enterprise) Summit. Setelah anda menyaksikan video yang berdurasi kurang lebih 25 menit ini, maka pelaku usaha kecil dan menengah bisa memahami bagaimana peluang-peluang bisnis yang dijalani pada hakikatnya merupakan sebuah proses yang Jack Ma jalani pula ketika membangun alibaba.com.

Beberapa hal lain yang Jack Ma sampaikan khususnya pada pelaku usaha kecil menengah ialah bahwa perusahaan besar juga berasal dari perusahaan kecil. Sebuah usaha atau bisnis bisa tumbuh dan berkembang meski tanpa harus membutuhkan bantuan bank dan bahkan dari bantuan pihak pemerintah itu sendiri. Cukup menarik keynote yang disampaikan oleh Jack Ma ini memang.

Selain menyampaikan keynote, Jack Ma juga menyinggung soal kompetensi atau persaingan dalam bisnis, terlebih bagi pelaku usaha kecil menengah anda bisa memaknai bagaimana sebuah kompetensi atau persaingan ini menjadi sebuah bagian yang menyenangkan dari jalannya sebuah bisnis. Dan ini merupakan salah satu hal yang sangat vital dan harus diterapkan pada sebuah bisnis, yang pertama ialah fokuslah pada konsumen, yang kedua fokus pada pengembangan karyawan dan yang terakhir belajarlah dari kompetitor atau menganalisa pesaing. Ini merupakan 3 pilar penting dalam beragam bisnis yang kita jalani saat ini dan tentunya dengan menerapkan hal tersebut usaha atau bisnis yang kita kelola bisa tumbuh dan berkembang besar nantinya.

Jack Ma menyampaikan "Never Ever Give Up Your Dream", kita ditekankan harus yakin bahwa kita akan sukses dengan banyak belajar dari kompetitor kita. Jangan sampai membenci kompetitor namun belajarlah darinya, belajar bukan berarti meniru tetapi mempelajari setiap langkah-langkahnya dan menyusun langkah sendiri yang lebih baik dari mereka. Tentu ini merupakan langkah penting yang memang harus kita ketahui sebagi pelaku usaha kecil menengah agar dapat sukses.

Penasaran dengan keynote singkat yang disampaikan Jack Ma, berikut kami lampirkan videonya :


Nah semoga dari artikel pelaku usaha kecil menengah mari belajar dari Jack Ma ini anda dapat mengambil sebuah pelajaran yang nantinya dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) yang kita jalankan. Jangan lupa baca juga artikel kami sebelumnya jenis pekerjaan kantor yang dilakukan dirumah. Semoga bermanfaat.