Dec 30, 2014

4 Cara Wirausahawan Mencari Modal Usaha Yang Bisa Anda Coba

Cara mencari modal untuk memulai usaha memang gampang-gampang susah terutama untuk pemula yang ingin memulai usaha dan belum memiliki pengalaman sama sekali. Modal usaha merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan baik dalam memulai maupun untuk biaya operasional usaha yang dijalankan. Modal juga bukan hanya berupa uang melainkan segala sumberdaya yang dibutuhkan untuk berdiri hingga beroperasinya usaha, termasuk kemampuan calon wirausaha.

Untuk anda yang sedang membutuhkan modal usaha beberapa tips yang blog PeluangUsahaSampingan99 bagikan berikut mungkin dapat membantu anda memenuhi kebutuhan modal tersebut asal anda mau mencobanya. Beberapa diantaranya memang banyak dilakukan oleh para wirausahawan yang membutuhkan modal baik yang berskala kecil hingga yang besar.

4 Cara Wirausahawan Mencari Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha

1. Melakukan Pinjaman ke Bank

Melakukan pinjaman ke Bank adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para calon wirausaha. Namun meminjam ke bank harus memiliki sesuatu sebagai jaminan, bisa sertifikat tanah atau BPKB kendaraan bermotor. Cara ini adalah cara yang paling gampang untuk mendapatkan modal usaha meski juga memiliki resiko yang tinggi. Namun jika anda telah memiliki sebuah usaha dengan prospek yang cerah dan telah mempertimbangkannya dengan matang anda bisa mendapatkan modal usaha dengan cara ini. Tetapi jika masih was-was dan belum tahu seperti apa kedepannya bisa meminjam kepada orang tua atau saudara dulu.

Meminjam idak harus ke bank, jika anda punya aset seperti tanah sawah, pekarangan dan lain sebagainya anda dapat menyewakannya jika dirasa usaha anda memiliki peluang yang lebih dari hasil yang didapatkan sawah atau pekarangan anda. Anda juga bisa menyewakan rumah anda yang tak terpakai sebagai tempat kost jika memang punya rumah yang kosong.

2. Mencari Investor / Menjalin Kerjasama (Joint Venture)

Mencari modal  yang selanjutnya adalah dengan mencari investor yang mau menanamkan modalnya kepada anda. Anda bisa membuat propsal tentang pengembangan usaha anda berikut keutungannya. Dengan cara ini anda dapat dengan mudah mendapatkan investor asal proposal yang anda ajukan sesuai dengan fakta dilapangan. Tapi terkadang calon investor juga melihat pengalaman wirausaha yang menjadi pertimbangan sebelum ia menanamkan modalnya.

3. Mendapatkan Modal dari PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)

Cara mendapatkan modal dari PKM dikhususkan untuk mahasiswa kreatif yang inguin menjalankan sebuah usaha. Modal yang bisa diperolah sekitar 10 juta rupiah.

4. Menabung

Menabung adalah cara mendapatkan modal yang paling aman dan bebas resiko namun menabung adalah salah satu mencari modal yang relatif lebih lama. Menabung dapat dimuali dari menyisihkan gaji atau menyisihkan uang saku (pelajar). Cara ini juga cara alternatif jika anda tidak bisa mendapatkan modal dengan meminjam ke bank atau mencari investor yang mau meminjamkannya kepada anda.

Mencari modal memang bukan hal yang mudah, usaha yang belum dimulai atau yang belum besar biasanya akan sangat sulit mendapatkan modal. Berbeda dari usaha-usaha yang sudah berjalan stabil dengan keuntungan yang pasti, investor akan berlomba-lomba ingin menanamkan modalnya terhadap usaha tersebut.

Sudah punya modal maka baca juga :
  1. Peluang bisnis rumahan modal kecil menguntungkan
  2. Aneka peluang usaha rumahan yang bisa anda coba
  3. Peluang usaha bagi karyawan
  4. Peluang usaha bagi pelajar / mahasiswa

Demikianlah 4 cara mencari modal usaha yang bisa anda coba. Mudah atau sulitnya mencari modal juga tergantung kepada kemampuan dan pengalaman calon wirausaha. Semoga sukses dengan usaha anda.

Related Posts

4 Cara Wirausahawan Mencari Modal Usaha Yang Bisa Anda Coba
4/ 5
Oleh