Dec 24, 2014

Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Yang Bisa Anda Coba

Seperti yang kita ketahui prosentase jumlah pengusaha di Indonesia memang masih kurang jika dibandingkan dengan pengusaha di luar negeri. Namun bila kita amati sekarang ini pertumbuhan jumlah pengusaha semakin banyak dan tidak hanya usaha-usaha berskala besar saja namun usaha berskala kecil dan menengah seperti UKM juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Memulai sebuah usaha sekarang ini tidak harus punya banyak modal asalkan ada kemauan dan tekad banyak sekali sebenarnya peluang usaha dan peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa kita kerjakan dari rumah entah itu kita geluti secara serius untuk dijadikan usaha utama atau sekedar usaha sampingan anda untuk mengisi waktu luang.

Seiring dengan perkembangan jaman sekarang ini dimana majunya sektor telekomunikasi dan transportasi sangat memudahkan untuk kita dalam memulai sebuah bisnis dan kemajuan tersebut juga membawa banyak sekali inspirasi peluang bisnis baru yang bisa kita coba dan kembangkan. Seperti bagaimana memanfaatkan media online untuk berpromosi yang dapat menjangkau berbagai daerah lokal maupun internasional. Salah satu TV swasta pernah mewancarai pelaku-pelaku pebisnis yang memanfaatkan media online dan mereka mengaku berkat adanya media online ini dapat meningkatkan penjualan hingga tiga kali lipat.

Dalam memulai sebuah usaha ada berbagai macam kendala yang harus siap kita hadapi dan selesaikan, beberapa calon pengusaha umumnya mengalami kendala dalam modal. Untuk maalah ini memang bisa kita selesaikan dengan mencari investor atau meminjam kepada bank untuk modal usaha. Tapi kenyataannya mencari investor yang ingin menanam modal tidaklah mudah untuk calon pengusaha baru yang baru mulai. Karena mereka melihat berbagai macam kriteria dari calon pengusaha termasuk kemampuan si calon pengusaha. Untuk itu pengalaman berbisnis dan aset yang kita punya menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi investor dalam menginvestasikan modal yang mereka punya.

Berbicara masalah modal selain dana ada modal lain yang memang harus kita persiapkan dan itu tidak kalah pentingnya, yaitu kemampuan dan kesiapan kita serta mental untuk menghadapi segala tantangan agar bisnis yang kita kerjakan bisa terus tumbuh dan berkembang.


Beberapa Peluang Bisnis Modal Kecil Menguntungkan Yang Bisa Anda Kerjakan Dirumah

Untuk anda yang sudah siap untuk memulai menjalankan bisnis anda sendiri berikut ini peluang usaha rumahan yang bisa anda coba :

A. Bisnis Rumahan Yang Dilakukan Secara Offline



Dalam kategori ini adalah peluang-peluang usaha atau bisnis yang dikerjakan secara offline yang artinya tidak memanfaatkan medio online dalam pemasarannya. Karena biasanya target market dari usaha berikut ini hanyalah mencakup lingkungan tempat tinggal kita saja, namun tidak menutup kemungkinan jika pelayanan yang kita berikan memuaskan bisa menarik konsumen yang lebih luas.

1. Membuka Warung
Yang pertama adalah membuka warung, untuk usaha yang satu ini sudah dari dulu memang telah populer. Jika anda tertarik ingin membuka sebuah warung amati dengan seksama daerah sekitar anda, lihat pesaing-pesaing anda kalkulasikan potensi pembeli dari lingkungan anda. Amati juga warung-warung sekitar dan tawarkan sesuatu yang beda dari warung sekitar.

2. Membuka Les Private
Untuk anda yang punya banyak waktu luang dan memiliki keahlian tertentu tidak ada salahnya anda membuka jasa les private atau kursus. Misalnya kursus pelajaran sekolah seperti bahasa inggris dan matematika; kursus musik seperti gitar, drumb dan piano; komputer dan masih banyak lagi.

3. Berjualan Pulsa Elektrik, Token Lisrik, Loket Pembayaran Angsuran dan Tiket
Jenis usaha sampingan ini tergolong bermodal kecil karena hanya dengan 2 juta saja anda sudah dapat memulainya dengan catatan kita mengeluarkan biaya sewa tempat karena memnafaatkan rumah sendiri. Sangat cocok untuk daerah pemukiman padat dan agak jauh dari pusat kota.

4. Membuka Jasa Pengetikan, Desain Banner, Cetak Foto, Atau Percetakan Sederhana
Anda yang punya keterampilan dalam bidang desain grafis tidak ada salahnya membuka jasa ini. Pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang sangat santai untuk dilakukan meski sedikit menguras otak namun sangat menguntungkan.

5. Berbisnis Kuliner
Mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok usaha yang satu ini menjadi salah satu usaha yang sangat potensial di Indonesia. Jika anda punya halaman atau pekarangan yang cukup dan tinggal didaerah yang cukup ramai tidak ada salahnya mecoba bisnis satu ini misal dengan mendirikan caffe sederhana. Atau jika memang anda tidak ada tempat tidak ada salahnya anda mencoba berbisnis makanan ringan atau snack.

6. Membuka Jasa Menjahit dan Reparasi Pakaian
Bagi anda yang punya keterampilan menjahit usaha satu bisa anda pertimbangkan. Biasanya banyak sekali orang-orang yang sekedar mengecilkan atau merubah ukuran pakaian mereka.

7. Membuka Jasa Laundry
Nah untuk anda yang tinggal dilokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kos jasa laundry ini sangat menggiurkan dan cukup potensial untuk dilakukan. Anda dapat menawarkan jasa jemput pakain kotor untuk memikat pelanggan.

B. Bisnis Rumahan Yang Dilakukan Secara Online



Bisnis yang satu ini memanfaatkan media online dalam operasionalnya seperti penggunaan website, blog, situs social media dan berbagai jenis jasa iklan online lain. Umumnya kita sering menjumpai banyak sekali pelaku-pelaku bisnis yang satu ini mulai dari yang berskala menengah keatas atau pelaku bisnis rumahan yang memanfaatkan social media seperti facebook, twitter dan BBM. Yang ditawarkan pun beragam mulai jasa hingga barang nyata. Tidak ada bedanya antara bisnis yang dilakukan secara online dan offline mungkin hanya berbeda media saja. Nilai positifnya kita bisa menggabungkan media online dengan usaha-usaha offline kita untuk memaksimalkan proses promosi. Lantas apa saja peluang usaha dan bisnis yang biasa digeluti dalam bidang online ini yang dapat dilakukan oleh siapapun dengan modal minim atau bahkan kecil.

1. Membuat Toko Online
Toko online adalah salah satu bisnis yang banyak digemari, alasan utamanya mungkin karena berpromosi secara online punya banyak sekali kelebihan seperti dapat selalu dikunjungi 24 jam sehari yang memudahkan pembeli untuk melihat listing barang yang kita jual. Ingin punya toko online tidak harus punya toko secara nyata, bahkan bisa dilakukan dirumah untuk proses packing maupun pengirimannya. Ada banyak sekali pemilik toko offline yang juga memasarkannya secara online. Media pemasaran yang paling banyak digunakan diataranya adalah jejaring social seperti facebook, twitter, BBM dan masih banyak lagi.

2. Memasarkan Prodak Orang Lain (Affiliasi/Dropshipping)
Bagi anda yang yang tidak memiliki prodak sendiri untuk dipasarkan anda bisa mencoba memasarkan prodak orang lain. Dalam hal ini ada yang disebut Affiliasi dan Dropshipping. Affiliasi adalah memasarkan prodak orang lain melalui link affiliasi yang diberikan oleh situs dimana kita mendaftar sebagai Affiliate, contohnya seperti Amazon, Clickbank, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri juga ada banyak pemilik prodak-prodak digital yang menggunakan sistem affiliasi ini dalam memasarkan prodak mereka. Sedangkan dropshipping adalah sebuah sistem penjualan dimana anda meminta seller/ supplier untuk mengirimkan barang/ orderan ke customer anda dengan mencantumkan nama, alamat, nomor telpon / toko anda sebagai pihak pengirim.

3. Bisnis Periklanan Pada Website/Blog
Untuk anda yang punya website atau blog dengan traffik yang tinggi bisa mencoba model bisnis ini. Model bisnis periklanan ini bisa dengan menyediakan space iklan diwebsite/blog anda, semakin tinggi lalu lintas dan tingkat kepopuleran website anda semakin besar pula nilai sewa iklan tersebut. Atau bisa juga dengan mengikuti program periklanan Pay Per Click (PPC) seperti Google Adsense, Bidvertiser, Chitika, dan lain-lain.

4. Menjadi Penulis Lepas
Potensi penghasilan menjadi penulis lepas cukup lumayan juga, selain kerjanya santai juga berpeluang mendapatkan penghasilan lebih banyak tergantung seberapa rajin kita membuat artikel. Tulisan yang kita buat diharga bervariasi sesuai kualitas artikel yang kita punya. Jika anda tertarik dengan bisnis semacam ini anda bisa menawarkan jasa ini disitus fiverr.com dan ads.id atau forum-forum blogger difacebook.

5. Menawarkan Jasa Secara Online
Apapun kemampuan anda bisa jadi sumber penghasilan tambahan anda jika mau menggalinya. Ada banyak sekali jasa yang kita bisa tawarkan secara online. Mulai jasa tulis artikel yang sudah saya bahas sebelumnya, jasa pembuatan website, hingga jasa optimasi sebuah website.

Ada banyak sekali peluang usaha dan bisnis sampingan disekitar kita, yang kita butuhkan adalah kemauan untuk melihat peluang dan memanfaatkan kesempatan yang ada. Masih ada banyak sekali peluang-peluang bisnis lain dengan modal kecil yang tak bisa saya tulis disini karena keterbatasan waktu dan mungkin akan saya sambung dikesempatan berikutnya. Satu hal yang penting menurut saya adalah semua bisnis itu baik jadi mulailah untuk lebih peka dan temukan bisnis yang memang anda menyukainya. Keberhasilan dalam berbisnis bukan hanya karena faktor modal namun semangat, tekad, kerja keras adalah faktor utama mencapai yang kita harapkan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda memulai berbisnis.

Related Posts

Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Yang Bisa Anda Coba
4/ 5
Oleh