Sep 13, 2015

Jenis Usaha Jual Oleh-Oleh yang Menjanjikan

Membuka usaha berjualan oleh-oleh merupakan salah satu peluang usaha yang sangat cocok jika anda tinggal didaerah atau dekat dengan tempat wisata. Karena oleh-oleh merupakan buah tangan yang wajib dibawa pulang oleh mereka yang sedang berlibur ditempat wisata sebagai ciri khas daerah yang dikunjunginya. Oleh-oleh ada banyak macamnya bisa berupa cindera mata atau yang paling favorit ialah makanan.

Produk oleh-oleh yang berupa makanan biasanya memang yang paling banyak menjadi incaran pengunjung. Karena satu rata-rata orang Indonesia memang sangat suka dengan yang namanya makanan dan yang kedua oleh-oleh berupa makanan lebih memiliki arti jika diberikan untuk keluarga atau orang-orang dirumah.

Menjalankan usaha berjualan oleh-oleh ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Apalagi jika lokasi yang dipilih strategis tentu akan menarik perhatian pengunjung yang datang.

Apalagi bagi anda yang memiliki rumah atau tempat tinggal tidak jauh dari tempat wisata tersebut, tentunya anda akan memiliki banyak pengetahuan tentang betapa potensialnya untuk menjalankan usaha berjualan oleh-oleh. Tidak hanya didekat tempat wisata saja, jalur kota tempat masuk ke lokasi wisata juga masih cukup potensial untuk dicoba.

Contoh Jenis Usaha Jualan Oleh-Oleh yang Menguntungkan

Ada banyak sekali jenis usaha berjualan oleh-oleh yang cukup menjanjikan tinggal anda memilih mana yang paling cocok dan menguntungkan menurut anda, berikut beberapa contohnya :

Usaha Jual Oleh-Oleh Haji

Usaha jual oleh-oleh haji
Membawa oleh-oleh bagi jema'ah haji merupakan sebuah tradisi yang pasti dilakukan setiap tahunnya untuk sanak keluarga maupun tetangga dirumah. Oleh-oleh ini bisa berupa makanan seperti kurma arab atau air ZamZam, dan bisa juga berupa cindera mata seperti tasbih atau kopyah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun bagi mereka yang tak ingin repot-repot membawa pulang berbagai macam oleh-oleh yang dibelinya dari tanah suci alternatif lainnya adalah dengan membelinya di tanah air. Oleh karenanya ini merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk digeluti apalagi dengan banyaknya jumlah jema'ah haji yang meningkat setiap tahunnya.

Usaha Jual Oleh-Oleh Makanan Khas Daerah

Usaha jual oleh-oleh makanan khas daerah
Makanan khas daerah memiliki daya traik tersendiri bagi para wisata dan biasanya merupakan salah satu jenis oleh-oleh yang wajib dibeli. Daerah-daerah tertentu biasanya memiliki makanan khas sendiri contohnya seperti makanan dodol yang merupakan makanan khas dari garut dan masih banyak makanan-makanan khas lain yang berbeda berdasarkan wilayahnya.

Namun bagi anda yang tidak mempunyai tempat yang strategis untuk berjualan produk oleh-oleh ini anda masih bisa menjadi produsen oleh-oleh tersebut kemudian menawarkannya pada para pedagang yang tinggal didaerah wisata yang strategis tersebut.

Usaha Jual Cinderamata Khas Wisata

Usaha jual oleh-oleh cideramata khas wisata
Yang tidak kalah dari oleh-oleh makanan khas daerah ialah cinderamata. Sama halnya seperti makanan khas daerah, cinderamata juga memiliki ciri khas sendiri yang unik berdasarkan lokasi wisata tersebut. Misal seperti daerah pantai akan memiliki jenis cinderamata yang berbeda dengan daerah kebun binatang dan lain sebagainya.

Cinderamata ini merupakan salah satu yang tak bisa dilewatkan pengunjung. Mereka pasti akan membelinya sebagai salah satu koleksi dan kenang-kenangan setelah berlibur. Oleh karenanya jika anda punya keterampilan menghasilkan sebuah karya yang unik yang berhubungan dengan daerah wisata dilingkungan anda. Maka bis ajadi itu lahan bisnis anda yang potensial untuk digeluti.

Baca juga : Peluang usaha playground mandi bola

Demikianlah jenis usaha jual oleh-oleh yang menjanjikan yang dapat kami bagikan kepada anda. Semoga dapat menginspirasi.

Related Posts

Jenis Usaha Jual Oleh-Oleh yang Menjanjikan
4/ 5
Oleh