Mar 4, 2015

Usaha Sampingan Makanan Cakalang Fufu Peluang Bisnis Menjanjikan

Usaha sampingan makanan cakalang fufu merupakan salah satu peluang usaha makanan yang menjanjikan untuk digeluti secara serius. Cakalang atau biasa disebut Katsuwonus pelamis adalah salah satu komoditas perikanan hasil perairan teluk di Indonesia. Nilai ekonomis yang dimiliki ikan jenis ini lumayan tinggi, sehingga banyak dijadikan incaran utama oleh para nelayan yang banyak digunakan untuk olahan seafood.

Bisnis makanan seafood tidak harus selalu dijual dirumah makan atau dipusat oleh-oleh saja, namun bisa dijadikan salah satu peluang usaha sampingan yang cukup potensial untuk digeluti. Salah satu produk olahan dari cakalang yang paling banyak diminati adalah cakalang fufu ini.

Sebenarnya makanan ini adalah makanan khas yang berasal dari Minahasa, Sulawesi utara yang biasanya diolah dari bahan ikan cakalang berukuran sedang. Proses pengolahan ikan cakalang yang sudah siap diberi bumbu khusus, kemudian diasap dan dijepit menggunakan kerangka yang terbuat dari bambu. Proses pengasapan inilah yang akan menambah jangka penyimpanan dan ketahanan dari ikan cakalang. 

Peluang usaha sampingan olahan makanan cakalang fufu
Peluang usaha sampingan olahan makanan cakalang fufu

Peluang Usaha Sampingan Makanan Cakalang Fufu yang Menjanjikan

Proses pembuatan makanan ikan cakalang fufu ini sangat sederhana dan mudah sekali, berikut cara pembuatnnya :
  • Bersihkan ikan terlebih dahulu seperti sisik hingga jeroannya kemudian daging ikan cakalang dibelah menjadi dua bagian yang selanjutnya akan dijepit menggunakan kerangka bambu yang telah dibuat sebelumnya.
  • Agar warna ikan hasil pengasapan menarik, maka daging dari ikan Cakalang yang masih segar bisa anda balur dengan campuran bubuk soda dan garam secukupnya (perbandingan 1:1).
  • Setelah itu baru ikan cakalang akan diproses pengasapan. Para pelaku usaha ikan cakalang fufu biasanya sudah memiliki dapur khusus untuk memanggang ikan cakalang dalam jumlah besar. Tetapi jika Anda tidak memiliki dapur khusus untuk proses pengasapan ini, anda pun masih bisa mencontoh cara tradisional di daerah Sulawesi yang memanfaatkan ruangan terbuka untuk melakukan proses pengasapan ikan cakalang ini.
  • Saat melakukan pemanggangan, panas api yang digunakan memanggang ikan cakalang haruslah rata. Proses pemanggangan ini membutuhkan waktu kurang lebih empat jam untuk pengasapan dan sekitar dua jam untuk pendinginan. Ciri-ciri atau tanda bahwa daging ikan Cakalang ayng dipanggang sudah matang adalah dari perubahan warna yang berubah menjadi kemerahan dan tekstur dagingnya sedikit empuk, tidak berair dan kering.
  • Jika proses yang dilakukan benar dan tepat maka anda akan mendapatkan hasil ikan Cakalang Fufu yang mampu bertahan lebih lama untuk disimpan di dalam suhu ruang kamar tidur untuk satu bulan, dan selanjutnya dapat didistribusikan ke seluruh pelosok Indonesia sebagai salah satu olahan makanan hasil laut khas Sulawesi Utara.

Setelah anda mampu membuat olahan hasil laut dari ikan cakalang ini, anda bisa membuatnya menjadi hidangan favorit yang siap dipasarkan. Misalnya anda bisa memulai membuat sebuah warung makan sederhana yang menyajikan menu ikan cakalang fufu sebagai menu utamanya sekaligus dapat merambah menjadikan makanan olahan fufu ini sebagai oleh-oleh khas kota Manado. Sebagai makanan khas untuk oleh-oleh anda dapat menambahkan sambal khas minahasa bernama sabal dabu-dabu sebagai pelengkapnya yang kemudian dikemas bersama ikan cakalang fufu tersebut.

Makanan olahan dari hasil laut ikan cakalang fufu ini sangat banyak sekali yang suka dan siap dipasarkan lebih luas tidak hanya wilayah sulawesi saja. Akan menjadi kabar gembira bagi penikmat cakalang fufu ini yang berada diluar sulawesi jika bisa mendapatkan makanan yang mereka suka dengan mudah. Anda dapat memanfaatkan media online untuk berpromosi secara luas dan memakai sistem waralaba untuk mengembangkan usaha anda. Dengan begitu usaha sampingan makanan olahan cakalang fufu anda dapat berkembang menjadi lebih besar lagi sehingga menjadi usaha utama yang memberikan keuntungan untuk anda.

Contoh masakan olahan dari Cakalang Fufu
Contoh masakan olahan dari Cakalang Fufu

Dalam beberapa riset yang telah dilakukan pada penjual makanan olahan ikan fufu ini yang berskala kecil bisa menghasilkan keutungan 100 hingga 200 ribu setiap harinya. Namun jika bisa dikembangkan lebih besar bukan hal yang mustahil usaha makanan ini bisa menghasilkan omset hingga puluhan juta setiap harinya misalkan anda bisa membuat warung makan atau resto makanan olahan ikan cakalang fufu ini. Karena olahan cakalang fufu juga bisa dikreasikan menjadi berbagai menu masakan yang enak dan memikat.

Demikianlah sedikit informasi seputar peluang usaha sampingan makanan cakalang fufu yang menjanjikan dan potensial untuk dikembangkan. Semoga dari apa yang kami bagikan ini menjadi salah satu inspirasi anda dalam menentukan usaha, entah itu usaha sampingan, usaha rumahan, atau usaha berskala kecil/ukm dan lain sebagainya. Dan jangan lupa baca juga artikel kami sebelumnya peluang usaha sampingan untuk PNS yang juga dapat anda jadikan sebagai salah satu referensi anda dalam merintis usaha.

Related Posts

Usaha Sampingan Makanan Cakalang Fufu Peluang Bisnis Menjanjikan
4/ 5
Oleh