Mar 3, 2015

5 Ide Peluang Usaha Sampingan untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)

5 ide peluang usaha sampingan untuk PNS atau pegawai negeri sipil ini bisa menjadi salah satu inspirasi anda sebagai seorang PNS yang ingin menjalankan usaha sendiri. Karena kita tahu bahwa menjadi seorang PNS memiliki jam kerja yang tetap sehingga dapat memanfaatkan waktu luang untuk menjalankan usaha sendiri. Karena memiliki sebuah usaha dan aset yang bisa menghasilkan pasive income adalam impian banyak orang tak terkecuali para pegawai negeri sipil. Memang sering kita dengar bahwa menjadi PNS adalah pekerjaan yang enak menurut sebagian orang dengan gaji pasti setiap bulannya, namun berbeda dari sudut pandang PNS yang memiliki jiwa bisnis. Bahwa yang namanya kerja sama saja dan memiliki sebuah bisnis adalah merupakan tujuan utama, karena dengan memiliki sebuah bisnis sendiri tentu saja kita bisa lebih bebas memanfaatkan setiap waktu kita tanpa takut dikejar deadline karena kita yang mengatur semuanya.

Sering juga saya dengar bahwa menjadi seorang PNS tidak bisa menjadi kaya, menurut saya itu tergantung dari SDMnya. Karena saat ini mereka para PNS ternyata memiliki usaha sampingan yang dikembangkan disela-sela kesibukan mereka. Tak sedikit juga yang nekat mengundurkan diri karena melihat peluang bisnis yang mereka jalani sangat prospek dan potensial. Nah kalau masalah mengundurkan diri dari pekerjaan itu nanti yang jelas saat ini anda harus menemukan dulu usaha yang cocok untuk anda sebagai usaha sampingan yang tak mengganngu jam kerja anda sebagai pegawai negeri sipil.

Peluang usaha sampingan untuk PNS

5 Peluang Usaha Sampingan untuk PNS Terbaru

Berikut ini peluang usaha sampingan untuk PNS yang bisa anda pertimbangakan mana yang cocok untuk anda tanpa menganggu kewajiban anda sebagai seorang PNS.

#1 Peluang Bisnis Katering Yang Potensial

Peluang usaha sampingan makanan bisnis katering ini sangat cocok dijalankan oleh ibu-ibu pegawai negeri yang memiliki keterampilan dan hobi memasak. Ketika tempat kerja atau kantor anda mengadakan rapat atau acara lain yang membutuhkan konsumsi, anda bisa mencoba menawarkan jasa usaha makanan anda pada acara tersebut. Anda bisa juga berpromosi melalui rekan-rekan anda dan membuat brosur atau banner.

#2 Usaha Sampingan Budidaya Ternak / Peternakan

Usaha dibidang peternakan ini adalah salah satu usaha yang cukup mudah untuk dijalankan dan tidak terlalu memakan waktu anda. Usaha ini bisa mulai dijalankan dengan membeli beberapa anak ayam atau bebek beserta induknya dan kemudian dijual ketika sudah dewasa, atau anda bisa menjual telurnya saja. Anda bisa melakukan perawatan ternak anda yang lebih insentif saat sore hari atau di akhir pekan. Jika anda kewalahan mengurusnya sendiri anda bisa menambah karyawan untuk membantu anda, namun jika anda memakai karyawan usahakan menambah lebih banyak lagi hewan yang anda ternak.

#3 Peluang Usaha Sampingan kerajinan tangan

Bagi anda yang punya kreativitas tinggi tidak ada salahnya mencoba usaha ini. Anda bisa memanfaatkan banyak benda yang tak terpakai untuk dijadikan kerajinan tangan. Contohnya seperti kerajinan dari tulang ikan, kerajinan tas dari plastik bekas, kerajinan boneka dari kain perca dan masih banyak lagi. Tidak hanya dari bahan bekas saja anda bisa memanfaatkan berbagai macam produk baru untuk menambah kesan indah dan menambah nilai ekonomis produk anda.

#4 Usaha Sampingan dari Budidaya Tanaman

Untuk anda yang suka atau memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya mengubah hobi anda itu menjadi sesuatu yang dapat memberikan keuntungan. Berkebun bisa dilakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja, atau sore hari ketika anda pulang kerja. Dan akhir pekan bisa jadi pilihan yang tepat untuk merawat tanaman-tanaman anda. Anda bisa mulai mencoba menanam tanaman obat atau tanaman hias, dan selanjutnya bisa ditawarkan kepada kolektor bunga dan pembuat obat-obatan herbal.

#5 Membuka Toko Kelontong / Toko Keperluan Sehari-hari

Toko kelontong bisa jadi salah satu alternatif usaha sampingan anda yang juga cukup mudah dijalankan, anda bisa mempercayakannya pada istri anda untuk menjaganya dirumah serta menambah karyawan untuk membantunya jika toko anda telah berkembang dan bisa menjual barang berskala grosiran untuk toko kelontong lainnya.

Nah demikianlah 5 peluang usaha sampingan untuk pns yang bisa dijadikan inspirasi anda dalam memilih usaha sampingan yang tepat tanpa takut mengganggu kerjaan anda saat ini. Dan semoga beberapa peluang usaha sampingan diatas ada yang membuat anda berminat, jangan lupa baca peluang usaha lainnya di blog kami mungkin disalah satunya adalah yang anda cari. Jika anda masih pelajar tidak ada salahnya mencoba peluang usaha sampingan untuk pelajar.

Related Posts

5 Ide Peluang Usaha Sampingan untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil)
4/ 5
Oleh