Sep 23, 2015

Analisa Usaha Peluang Bisnis Singkong Keju Yang Menggiurkan

Peluang Bisnis Menggiurkan - Analisa usaha peluang bisnis singkong keju yang menggiurkan yang kami ulas ini merupakan salah satu peluang bisnis dalam bidang kuliner. Usaha dalam bidang kuliner merupakan salah satu usaha yang tak akan pernah sepi dari konsumen karena makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Disamping itu minat masyarakat terhadap kuliner sangatlah tinggi baik itu makanan maupun berbagai macam jenis menu lain termasuk makanan ringan atau camilan.

Indonesia memiliki aset yang tak ternilai harganya yakni berupa karunia tanah yang subur dan sumberdaya alam yang melimpah. Beraneka macam tumbuhan dapat tumbuh subur di negara kita bahkan tanpa diberi pupuk sekalipun. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia hendaknya dapat memanfaatkan segala anugrah itu dengan sebaik mungkin. Karena aset-aset dan sumberdaya tersebut dapat dikelola menjadi sebuah usaha yang sangat potensial dan menjanjikan keutungan bagi pelaku usahanya. Baik pertanian maupun peternakan sama-sama memiliki potensi yang sangat bagus.

Dan pada kesempatan ini kita akan  membahas lebih lanjut seputar peluang usaha bidang pertanian namun bukan dalam hal bertaninya tapi lebih kepada hasil pertanian yakni singkong. Singkong yang merupakan salah satu hasil pertanian khas Indonesia ini kini banyak dikelola menjadi beraneka macam jenis makanan. Dan salah satu jenis makanan dari bahan baku singkong yang cukup banyak peminatnya ialah singkong keju.

Analisa usaha peluang bisnis singkong keju image

Analisa Modal dan Keuntungan Usaha Bisnis Singkong Keju

Berikut ini beberpa perincian sederhana dari usaha singkong keju, kurang lebih sebagai berikut :

Modal Awal
Booth portable : Rp. 1.000.000
Peralatan Masak : Rp. 500.000
Gerai : Rp. 750.000

Perkiraan Pengeluaran Bulanan
Bahan baku : 25 kg singkong @ Rp. 1.600 = Rp. 40.000 x 30 hari : Rp. 1.200.000
Keju, bumbu, dan lainnya = Rp. 1.000.000

Perkiraan Pendapatan Bulanan
Dengan asumsi harga jual Rp. 7.000/porsi dan laku sekitar 25 porsi setiap harinya
Omzet harian : 25 porsi x Rp. 7000 = Rp. 175.000
Omzet bulanan : Rp. 175.000 x 30 hari : Rp. 5.250.000

Perkiraan Laba / Keuntungan
Laba bersih : Rp. 5.250.000 - Rp. 2.200.000 = Rp. 3.050.000

Rahasia dan Tips Sukses Bisnis Singkong Keju Laris

Bagi anda yang tertarik ingin berbisnis bidang kuliner terutama berjualan singkong keju ini, ada beberapa tips yang harus anda tahu sebelum terjuan ke dalam usaha ini diantaranya :

1. Buat Singkong Keju yang Enak dan Menarik
Pertama pastikan memilih singkong dengan tekstur berwarna kuning, setelah itu cuci hingga bersih. Rebus singkong dengan bumbu rahasia anda hingga lembut dan merekah. Setelah itu baru anda taburi dengan parutan keju diatasnya. Jangan hanya terpaku pada satu rasa mulailah memacu kreatifitas anda dengan menambahkan berbagai varian rasa seperti balado, barbeque dan bermacam-macam rasa lainnya yang membuat calon konsumen tertarik.  Rasa adalah yang paling utama dalam bisnis makanan sehingga sangat penting sekali untuk memperhatikan rasa makanan tersebut.

2. Buatlah Kemasan Yang Menarik
Tidak hanya cukup pada rasa saja, namun kemasan yang menarik perhatian dan higienis juga merupakan faktor penting mengapa mereka mau membeli singkong keju anda. Umumnya calon pembeli selalu memperhatikan kebersihan dari setiap makanan yang akan dibeli. Jadi pastikan bahwa cara penyajian dan pengemasan anda sudah memenuhi standar. Selain itu juga kemasan yang menarik akan menambah nilai jual dari singkong keju anda. Sehingga sangat penting untuk mendesain kemasan dengan unik dan menarik mulai pemilihan warna, logo hingga bentuknya.

3. Lakukan Promosi Yang Efektif
Punya produk dengan rasa yang enak dan menarik saja tidak cukup jika belum dipromosikan. Promosi merupakan langkah penting untuk mengenalkan produk usaha anda pada konsumen. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pembuatan banner, penyebaran leaflet atau memanfaatkan media online untuk berpromosi.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya ialah pemilihan lokasi yang strategis dimana banyak sekali orang yang akan melihat gerai anda. Namun jangan lupa juga untuk mendesain gerain anda dengan semenarik mungkin agar pengunjung tertarik dan penasaran dengan produk anda.

Baca juga : Peluang usaha kentang goreng spiral

Bisnis singkong keju ini akan sangat laris jika dijual pada sore hingga malam hari. Sehingga bagi anda yang bekerja pada siang hari bisa menjalankan usaha ini sebagai sampingan dan mempercayakan pada keluarga anda untuk memasak singkong dirumah. Usaha ini cukup mudah untuk dijalankan dan cukup menjanjikan keuntungan yang lumayan. Nah kami rasa cukup sekian ulasan kami seputar analisa usaha peluang bisnis singkong keju yang menggiurkan, semoga apa yang kami sampaiakan ini dapat bermanfaat.

Related Posts

Analisa Usaha Peluang Bisnis Singkong Keju Yang Menggiurkan
4/ 5
Oleh