Sep 21, 2015

Inilah Usaha Sampingan di Bidang Pertanian yang Potensial

Usaha Sampingan Pertanian - Inilah usaha sampingan di bidang pertanian yang potensial yang dapat anda coba terutama bagi anda yang memiliki hobi berkebun atau bertani atau memiliki lahan yang cukup luas disekitar rumah anda namun belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karenanya sangat sayang jika tidak memanfaatkannya menjadi sebuah usaha yang memiliki nilai ekonomis yang menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya. Salah satu cara memanfaatkannya ialah dengan menjadikannya lahan untuk bertani atau berkebun yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan.

Jika kita perhatikan lagi Indonesia merupakan salah satu negara agraria yang memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Dan salah satu potensi tersebut adalah dibidang pertanian yang saat ini masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini juga karena dukungan pemerintah yang belum cukup baik menjangkau berbagai petani di Indonesia. Bahkan beberapa kebutuhan sembako yang menyangkut sektor pertanian Indonesia masih banyak mengimpornya dari luar negeri. Sebuah fakta yang cukup mengejutkan untuk negara dengan luas lahan pertanian yang cukup memadai.

Berbicara usaha dalam bidang pertanian ini ada banyak sekali ragamnya tergantung dimana lokasi anda tinggal. Karena usaha pertanian juga memperhatikan wilayah misalnya seperti keadaan tanah dan kecukupan air. Namun jika anda tidak memiliki lahan pertanian yang luas masih bisa memanfaatkan pekarangan rumah anda menjadikannya lahan dengan menanam tanaman dengan cara di pot atau menggunakan polybag.

Contoh Usaha Sampingan di Bidang Pertanian yang Potensial

Ingin tahu apa saja usaha sampingan di bidang pertanian yang cukup potensial menghasilkan keuntungan bagi pelaku usahanya, berikut beberapa contohnya :

#1 Menanam Sayuran/Buah Organik

Usaha sampingan bidang pertanian sayuran/buah organik

Menanam aneka jenis sayuran atau buah-buahan yang dikembangakan menggunakan tekhnik hidroponik sangat tepat bagi mereka yang memiliki lahan yang terbatas. Oleh karenanya usaha ini merupakan salah satu usaha sampingan yang cukup mudah dijalankan selain keutungannya juga lumayan.

#2 Tanaman Rempah-Rempah/Obat Herbal

Usaha sampingan bidang pertanian rempah-rempah/obat herbal

Tahu tidak bahwa Indonesia merupakan negara dengan penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia. Bahkan mengapa Indonesia dahulu dijajah alasan utamanya karena rempah-rempah Indonesia memiliki kualitas yang bagus. Ada banyak sekali jenis tanaman rempah-rempah yang cukup menguntungkan untuk ditanam seperti cabe rawit, kencur, kunyit, lengkuas, seledri, serai, jahe merah dan masih banyak lagi.

Beberapa rempah-rempah juga memiliki khasiat khusus yang digunakan sebagai tanaman obat seperti jahe merah. Selain itu menanam tanaman obat seperti jahe merah dalam polybag juga bisa jadi pilihan usaha yang menggiurkan mengingat harga jual jahe merah cukup tinggi dipasaran serta perawatannya juga cukup mudah. Selain jahe merah salah satu tanaman yang cukup menggiurkan jika ditanam dalam polybag yakni seledri. Anda bisa mencobanya dirumah anda sebagai usaha sampingan yang cukup mudah.

#3 Budidaya Tanaman Hias

Usaha sampingan bidang pertanian tanaman hias

Anda mimiliki hobi berkebun dan menanam bunga? Maka sangat cocok sekali karena hobi tersebut bisa disalurkan menjadi salah satu peluang usaha sampingan yang cukup menguntungkan untuk dijalankan. Anda bisa memulai memanfaatkan pekarangan anda untuk menanam berbagai tanaman hias yang memiliki harga jual mahal.

Untuk berpromosi anda bisa membuat banner yang dipasang didepan rumah anda, selain itu untuk menjemput pembeli anda dapat menawarkannya pada rekan atau kantor-kantor dan instansi pemerintahan yang membutuhkan tanaman hias.

Baca juga : Peluang usaha bidang peternakan

Nah kami rasa itulah beberapa contoh usaha sampingan di bidang pertanian yang potensial untuk anda jalankan dirumah. Mengembangkan potensi usaha di bidang pertanian ini selain cukup menguntungkan bgi pelaku usahanya juga dapat meningkatkan pendapatan negara. Bidang pertanian menyumbang penyediaan lapangan kerja yang cukup besar dan tak ternatas. Oleh karenanya dengan mengembangkan usaha  di bidang pertanian dapat meningkatkan sektor pendapatan masyarakat Indonesia.  Apalagi jika semua potensi sumber daya alam baik perkebunan, pertanian, kehutanan, peternakan dapat dikelola dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa rakyat Indonesia akan hidup dalam kesejahteraan.