Dec 28, 2014

5 Ide Peluang Bisnis Peternakan Menjanjikan Yang Bisa Anda Pertimbangkan

Peluang bisnis peternakan yang menjanjikan tentu menjadi sebuah pertimbangan untuk para peternak yang ingin memulai usaha berternaknya. Karena sebuah peluang usaha merupakan sebuah harapan bagi calon wirausaha dalam memulai bisnisnya, sangat penting sekali untuk memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin. Termasuk bidang peternakan ini yang merupakan salah satu target bisnis yang cukup potensial.

Seperti kita ketahui beberapa kebutuhan daging di Indonesia sendiri masih belum tercukupi dan harus melakukan impor. Ini menandakan masih besar peluang bisnis peternakan yang bisa kita kembangkan dengan prospek yang masih terbuka lebar dan cerah. Peternakan memang saat ini merupakan bisnis agribisnis yang banyak ditekuni oleh para peternak di Indonesia. Namun masih banyak yang memanfaatkan sektor bisnis ini sebagai tambahan pendapatan saja. Padahal jika dikembangkan secara intensif, bisnis ini sangatlah menjanjikan dan mampu menunjang kebutuhan akan daging di negeri ini khususnya untuk peternakan pedaging.

5 Ide Peluang Bisnis Peternakan Menjanjikan Yang Bisa Anda Pertimbangkan

Kebutuhan daging yang tinggi bisa dilihat pada daging jenis unggas, kambing dan sapi. Unggas, kambing dan sapi merupakan sumber protein hewani yang mengandung nutrisi cukup tinggi. Permintaan pasar lokal maupun luar negeri juga stabil dan akan terus meningkat. Sedangkan produksinya masih kurang sehingga perlu lebih banyak peternak lagi untuk bisa memnuhi kebutuhan daging dalam negeri sendiri yang masih kewalahan dan harus mengimpor dari luar negeri.

Untuk itu peternakan bisa jadi inspirasi anda yang ingin memulai bisnis. Anda bisa mulai mencoba dan menekuni bisnis ini sebagai salah satu alternatif usaha baru yang menjanjikan keuntungan berlipat-lipat.

5 Ide Peluang Bisnis Peternakan Menjanjikan

Berikut ini beberapa peluang bisnis peternakan yang potensial yang dapat anda coba :

1. Berternak Ayam Potong

Berternak ayam potong cukup menjanjikan karena merupakan salah satu menu makan pokok yang sering disajikan dirumah-rumah. Selain itu juga banyak restoran dan rumah makan yang menggunakan ayam potong ini. Ayam potong biasanya sudah bisa dipanen pada usia 40-50 hari. Itu berarti berternak ayam merupakan bisnis yang cepat menghasilkan. Untuk memulai bisnis ini tidak harus dengan modal besar anda bisa memulainya dengan berternak sesuai kemampun terlebih dahulu.

2. Berternak Bebek / Itik

Berbeda dari ayam potong bebek berumur lebih panjang, namun yang biasa dibutuhkan oleh warung makan dan restoran biasanya yang berumur 1,5 - 2 bulan atau bisa dibilang bebek muda. Hal ini karena bebek muda lebih empuk dan lebih lezat dagingnya. Kebutuhan akan bebek ini juga sangat tinggi dengan bermunculannya restoran-restoran yang menyajikan berbagai olahan bebek sebagai menu utamanya.

Tips berternak bebek baca : Cara sukses memulai usaha ternak bebek untuk pemula

3. Berternak Burung Puyuh

Berternak burung puyuh juga sangat potensial dan mudah dijalankan. Usaha ini tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas dan perawatannya juga mudah. Dalam memelihara burung puyuh ini suhu ruangan harus betul-betul kita jaga, karena disuhu yang terlalu dingin biasanya tingak kematian puyuh sangat tinggi. Sehingga penggunaan lampu atau pengatur suhu ruangan sanagtlah penting.

4. Berternak Sapi Pedaging / Sapi Potong

Daging sapi mengalami permintaan yang sangat tinggi akhir-akhir ini. Bahkan kebutuhan masyarakat akan daging sapi tidak dapat dipenuhi oleh peternak negeri sendiri dan mengharuskan melakukan impor daging sapi dari luar negeri. Ini menandakan betapa potensialnya peternakan sapi potong didalam negeri. Namun usaha ini membutuhkan modal yang cukup besar untuk biaya pembuatan kandang, pembelian sapi dan kebutuhan pakannya.

5. Berternak Kambing Etawa

Yang popoler dan menjadi trenseter dari kambing etawa adalah susunya yang sangat menyehatkan yang kaya akan kandungan gizinya. Dan inilah yang kita manfaatkan dari kambing Etawa ini berupa nilai jual susunya yang terbilang lumayan dan menguntungkan. Susu kambing etawa banyak dijadikan slaah satu menus minuman sehat keluarga selain itu juga digunakan sebagai susu bantu untuk bayi. Biaya pakannya bisa dibilang lebih hemat daripada sapi.

Baca tips berikut : Peluang usaha modal kecil hasilkan untung besar

Demikianlah beberapa ide peluang bisnis peternakan menjanjikan dan menguntungkan yang dapat anda coba. Dan semoga dapat menginspirasi anda untuk memuali usaha di bidang peternakan ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

5 Ide Peluang Bisnis Peternakan Menjanjikan Yang Bisa Anda Pertimbangkan
4/ 5
Oleh