Dec 28, 2014

Usaha Warnet Peluang Bisnis Rumahan Di Desa Yang Menjanjikan

Peluang usaha rumahan warnet didesa merupakan salah satu segmen usaha yang masih prospektif kalau dilihat dari lingkungan desa yang biasanya memang jarang adanya warnet. Berbeda dengan daerah kota yang keberadaan warnet menjamur, didesa jarang sekali ada dan bahkan terkadang juga tak ada warnet. Padahal warnet memiliki banyak sekali manfaat untuk mendorong masyarakat lebih kreatif, misalnya memudahkan mereka menerima dan mengirim file, untuk para pelajar dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka, serta kebutuhan-kebutuhan lain yang melibatkan tekhnologi informasi. Selain itu biasanya juga digunakan untuk mereka yang hobi mendownload lagu dan film atau sekedar bermain game online. Dan pada kesempatan ini blog PeluangUsahaSampingan99.blogspot.com akan berbagi sedikit pengetahuan seputar usaha warnet ini.

Usaha Warnet Peluang Bisnis Rumahan Di Desa Yang Menjanjikan

Alasan Kenapa Warnet Cukup Potensial Untuk Dikembangkan

Kalau kita melihat bagaimana standar pendidikan di negeri kita yang semakin ditingkatkan dan disamaratakan antara penduduk kota dan desa, membuat persaingan semakin sehat dimana tekhnologi informasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan informasi baru. Disini warnet juga turut andil dalam memfasilitasi penduduk desa yang memang tidak semuanya mempunyai kemampuan untuk membeli komputer sendiri sehingga peluang usaha warnet di desa masih sangat menjanjikan.

Banyak yang menganggap remeh peluang-peluang usaha di desa padahal desa juga tidak berbeda jauh dari lingkungan kota karena masyarakat desa tidak selamanya tertinggal. Saya sempat berbincang-bincang dengan beberapa pemilik usaha warnet didaerah saya dan ada salah satu pemilik usaha warnet yang juga sahabat saya yang cukup cerdas memanfaatkan peluang hingga mendapat omset yang lumayan perbulannya. Didaerah pedesaan biasanya warnet dimanfaatkan oleh pelajar untuk mengerjakan setiap tugas-tugas yang mereka terima dari gurunya. Melihat perilaku tersebut dia melengkapi warnetnya dengan berjualan kebutuhan alat sekolah sekaligus fotocopy dan hingga kini terus melakukan inovasi yang membuat warnetnya tampil beda.

Sedikit Inovasi Mampu Melipatgandakan Keuntungan

Tadi saya telah menjelaskan sedikit kenapa alasan mendirikan uasaha warnet ini cukup potensial, sekarang saya akan melanjutkan sedikit seputar inovasi yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan usaha warnet anda. Beberapa inovasi yang dilakukan diantaranya menyediakan jasa fotocopy yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan undangan kenduri, menyediakan juga jasa print yang dilengkapi penjilidan, berjualan alat-alat sekolah yang sering dibutuhkan, menambah jasa cetak foto sekaligus menyiapkan studio mini untuk mereka yang biasanya membuat foto-foto untuk dokumen seperti ktp dan paspor, menambah mesin laminating, dan berbagai inovasi sederhana lain yang masih berkaitan sehingga membuat warnetnya selalu tak pernah sepi pengunjung. Anda dapat selalu berinovasi dalam mengembangkan usaha anda tergantung bagaimana lingkungan dan perilaku konsumen disekitar anda, apakah disana lingkungan pelajar, lingkungan anak yang suka bermain game, dan masih banyak lagi.

Cara Memulai Usaha Warnet di Desa

Untuk memulai usaha warnet sedikitnya anda harus tahu dan mampu menguasai program-program penting komputer seperti microsoft office, adobe photoshop, nero dan program-program penting yang diperlukan lainnya. Sedikitnya paham mengenai jaringan dan mengerti cara mengatur fitur sharing komputer. Tapi jika anda tidak paham seputar jaringan anda dapat membayar tekhnisi untuk mengaturnya namun mintalah sedikit tips serta cara memanajemen kerusakannya.

Modal Yang diperlukan

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini lumayan banyak juga. Namun anda bisa memulainya dengan 6 unit komputer, 1 untuk server dan 5 untuk komputer client. Harga 1 unit komputer bisa bervariasi, anda bisa mendapatkan spek yang lumayan dengan budget kira-kira 3 jutaan untuk pc client dan 5 jutaan untuk pc server. 1 buah print bisa ditebus dengan harga 600 ribu sampai 1 juta rupiah. Peralatan lain seperti hub, kabel lan, colokan listrik, papan pembatas, dan lain-lain kurang lebih menghabiskan 3 - 5 jutaan. Jika anda membuka usaha ini dirumah bisa menghemat pengeluaran biaya sewa tempat. Biaya lain-lain tinggal biaya bulanan untuk listrik dan gaji karyawan.

Baca : Contoh peluang usaha dengan modal kecil

Peluang Keuntungan Yang Bisa Diperoleh

Misal anda membuka warnet anda mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam dengan 5 komputer dengan asumsi tiap komputer disewa sekitar 10 jam perhari dan biaya sewa Rp. 3.000,- berarti (5 komputer x 10 jam x Rp. 3.000 = Rp. 150.000 / hari. Misalkan warnet sedang sepi dan tiap komputer hanya disewa rata-rata 5 jam sehari maka penghasilan perhari setidaknya bisa tembus Rp. 75.000,-. Untuk mendongkrak penghasilan anda bisa menawarkan berbagai macam bonus agar konsumen makin betah berlama-lama diwarnet anda. Tambah juga beberapa inovasi lain seperti cetak foto, penjilidan, print dan lain-lain.

Simak juga : Peluang usaha berternak didesa yang menguntungkan

Demikianlah sedikit gambaran tentang usaha warnet peluang bisnis rumahan di desa yang menjanjikan untuk dicoba dan praktekkan. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat menjadi inspirasi serta ide anda dalam membangun usaha di desa.