Mar 3, 2015

10 Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar yang Ingin Penghasilan Tambahan

10 ide usaha sampingan untuk pelajar berikut sangat cocok untuk mereka para pelajar yang membutuhkan uang tambahan untuk menunjang kegiatan mereka tanpa ingin merepotkan orang tua. Untuk anda yang bukan pelaja sebaiknya baca peluang usaha sampingan modal 10 - 20 jutaan. Belakangan ini mulai banyak pelajar yang kreatif dalam mencari uang saku tambahan mulai dari menjalankan usaha sampingan berjualan kue pada teman-teman sekolah mereka hingga pernak-pernik aksesoris dan masih banyak lagi. Beberapa diataranya banyak juga yang bisa hasilkan uang jutaan hingga puluhan juta setiap bulannya yang berasal dari usaha mereka. Ada yang menjadi penulis lepas, guru private hingga berbisnis online yang notabenenya bisnis online cukup fleksibel dan bisa dijalankan oleh siapa saja. Pelajar yang mulai banyak merintis dan menjalankan usaha sejak masih pelajar kebanyakan adalah para pelajar SMA dan SMK, bahkan sering sekali kita jumpai ditelevisi wirausaha muda yang masih pelajar dan tak sedikit yang telah berhasil hasilkan uang yang terbilang lumayan untuk ukuran pelajar.

Selain untuk menambah uang jajan ternyata banyak sekali alasan kenapa para pelajar nekat menjalankan usaha diantaranya seperti himpitan ekonomi dan keinginan mereka membantu meringankan beban orang tua. Dan ada juga yang bertujuan mencari uang untuk mebiayai kuliah kelak. Lantas apa saja peluang usaha sampingan pelajar yang bisa dijalankan baca artikel ini sampai habis.

ide peluang usaha sampingan pelajar

10 Peluang Usaha untuk Pelajar yang Menguntungkan

Berikut ini adalah 10 peluang usaha bagi pelajar yang dapat dijalankan di sela-sela kesibukan sekolah :

#1 Berjualan pulsa elektrik

Sahabat anda disekolah pastinya kebanyakan mempunyai alat komunikasi berupa telepon genggam atau berbagai jenis gadget lain. Untuk saat ini kebutuhan seperti telepon, sms dan internet sudah menjadi sesuatu yang umum bagi para pelajar. Berjualan pulsa elektrik bisa jadi usaha sampingan untuk pelajar yang dapat dikerjakan dengan modal yang kecil dan tanpa takut mengganggu aktifitas sekolah.

#2 Menjadi seorang penulis

Untuk anda yang mengikuti kegiatan jurnalistik di lingkungan sekolah atau memiliki hobi menulis, mengapa tidak anda coba manfaatkannya sebagai suatu peluang untuk mulai berbisnis? Anda dapat menjadi seorang penulis artikel, novel atupun cerpen yang dapat memanfaatkan internet sebagai sarana promosi. Anda juga bisa mulai mengawali dari menulis sinopsis sebuah film atau buku, dan siapa yang tahu jika ini merupakan langkah awal anda menjadi seorang penulis hebat.

#3 Membuka Usaha Fotokopi

Membuka sebuah usaha fotokopian kecil di lingkungan sekolah tentu akan sangat bermanfaat untuk para siswa yang membutuhkan jasa fotocopi. Peluang usaha sampingan untuk pelajar yang satu ini bisa anda kerjakan untuk mencari penghasilan tambahan atau uang saku anda. Tetapi tentu saja usaha fotokopian tersebut selalu bisa anda jaga disetiap jam sekolah karena anda sendiri juga harus mengikuti pelajaran sekolah. Namun anda bisa menjaganya pada jam istirahat dan jam pulang sekolah, anda bisa meminta bantuan dari teman anda untuk berjaga bergiliran.

#4 Menjadi Guru Les Private

Anda dapat mencoba menawarkan memberi pelajaran tambahan kepada para pelajar SD atau SMP. Untuk pelajaran tambahan yang dapat and ajarkan ada bermacam-macam mulai seperti pelajaran bahasa inggris dan matematika yang biasanya menjadi pelajaran yang paling susah menurut banyak pelajar. Tawarkan jasa anda menjadi guru les private kepada orang tua murid SD atau SMP bisa diawali dari tetangga terdekat terlebih dahulu.

#5 Berbisnis Sampingan Bidang Kuliner

Untuk anda khususnya yang mempunyai hobi memasak atau anak SMK jurusan tata boga, dapat memanfaatkan keahlian memasak anda untuk berbisnis kuliner. Bisa dimulai dengan berjualan dikantin sekolah, tidak perlu berjualan yang aneh-aneh cukup menu sederhana yang tidak terlalu memakan banyak waktu anda dalam membuatnya. Seperti usaha aneka minuman, aneka usaha makanan ringan dan lain sebagainya.

#6 Berjualan ATK dan Aneka Peralatan Sekolah Lain

Anda dapat mencoba membawa beraneka macam ATK dan peralatan sekolah yang paling banyak dibutuhkan siswa dan menawarkannya kepada teman-teman anda disekolah. Anda dapat memulai dengan menyebarkan brosu berupa daftar nama barang yang anda jual berikut harganya.

#7 Membuka Jasa Desain Baju

Kalau kita lihat dilingkungan sekolah terdapat banyak sekali team atau organisasi yang biasa dibentuk oleh guru atau siswa sendiri. Seperti organisasi OSIS, team basket, team sepak bola dan lain sebagainya. Bagi anda yang punya keahlian dibidang desain grafis khususnya para pelajar jurusan Multimedia bisa mencoba mendesain model-model baju dan menawarkanya ke berbegagai organisasi tersebut. Karena setiap organisasi umunya memiliki sebuah identitas dan baju adalah salah satu yang paling banyak digunakan.

#8 Berjualan Kue

Jika kalian punya ibu yang jago buat kue atau memiliki kenalan penjual kue bisa mulai membawa dan menawarkannya dilingkungan sekolah. jam istirahat dan jam kosong adalah waktu yang tepat untuk anda mulai menjajakannya kepada teman-teman anda. Kue-kue ringan dengan harga terjangkau biasanya lebih banyak diminati oleh para siswa.

#9 Membuka Bengkel Motor Sederhana

Usaha sampingan ini sangat cocok dilakukan oleh pelajar SMK jurusan Mekanik Otomotif, karena pelajar SMK sudah pasti sedikit banyak telah memiliki pengalaman seputar mesin yang mereka pelajari disekolah. Anda bisa mulai menjadikan usaha ini sebagai sampingan dan menjalankannya ketika telah pulang sekolah.

#10 Membuka Usaha Rental PS

Usaha sampingan rental PS adalah salah satu usaha yang paling mudah untuk dijalankan. Besarnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, mungkin hanya diawal saja untuk pembelian consol playstation dan biasay perawatan bulanan. Usaha ini jelas tidak mengganngu waktu anda, anda dapat menjalankan usaha ini sepulang sekolah. Dan dapat meminta bantuan teman anda disekolah untuk gantian berjaga, dan jangan lupa beri mereka komisi dari setiap keuntungan yang anda dapatkan.

Demikianlah 10 ide usaha sampingan untuk pelajar yang dapat anda coba dan pilih berdasarkan minat anda. Menjalankan usaha ketika sekolah bukanlah sebuah masalah asalkan pandai dan pintar membagi waktunya. Selain menghasilkan uang tentu saja anda mendapat pelajaran melatih mental anda sedini mungkin.

Related Posts

10 Ide Usaha Sampingan untuk Pelajar yang Ingin Penghasilan Tambahan
4/ 5
Oleh