Dec 25, 2014

7 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Peluang usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa belakangan ini mulai banyak dilirik oleh mereka yang ingin memiliki penghasilan tambahan baik mereka para mahasiswa maupun para pelajar yang duduk dibangku sekolah menegah atas dan sekolah menegah kejuruhan. Alasan mereka mencari peluang usaha bervariasi mulai adanya keinginan untuk belajar berwirausaha, mencari uang sendiri, mendapatkan uang saku tambahan hingga membantu meringankan beban orang tua dalam membayar biaya sekolah. Dan jumlah pelajar dan mahasiswa yang melakoni usaha sampingan ini tidak sedikit karena pertumbuhannya terus meningkat setiap waktu. Meski masih pelajar ternyata banyak juga yang telah sukses diusia muda dari usaha-usaha sampingan yang mereka geluti.

7 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

7 Peluang Usaha dan Bisnis Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa anda coba lakukan dan beberapa diantaranya cukup dengan modal minim.

1. Menawarkan Diri Menjadi Guru Privat
Menjadi guru privat termasuk peluang kerja sampingan yang tak membutuhkan modal. Jalinlah komunikasi dengan beberapa guru SD dan SMP kemudian tawarkan diri anda untuk menjadi guru privat salah satu muridnya.

2. Usaha Sampingan Berjualan Pulsa Elektrik
Salah satu usaha dengan modal minim adalah berjualan pulsa, karena hanya dengan modal ratusan ribu anda sudah bisa menjual pulsa. Jual pulsa pada rekan-rekan anda disekolah dan jika memungkinkan anda bisa membuka counter sederhana ditempat kost untuk berjualan pulsa yang bisa juga untuk berjualan token listrik dan tiket pesawat.

Baca juga : Peluang usaha sampingan dengan modal kecil

3. Usaha Sampingan Menjadi Penulis Lepas
Menjadi penulis lepas merupakan salah satu usaha sampingan dengan waktu kerja yang bebas, anda bisa melakukannya kapanpun ketika waktu senggang. Untuk menjadi penulis lepas pertama anda harus menguasai keterampilan menulis dan kirim surat lamaran ke situs-situs besar yang menerima penulis lepas. Anda juga bisa menjual hasil tulisan anda melalui internet kepada pemilik website dan blog atau yang biasa disebut blogger.

4. Usaha Sampingan Membuka Jasa Servis dan Install Laptop
Untuk anda yang bersekolah di sekolah menengah kejuruhan (SMK) atau kuliah jurusan Tekhnik Informatika tidak ada salahnya mencoba usaha sampingan ini, karena menurut penulis ini cukup potensial dan menguntungkan untuk dilakukan. Kerjanya juga cukup mudah dan santai anda bisa memulai menawarkan jasa kepada teman-tema anda terlebih dahulu.

Baca juga : Aneka peluang usaha rumahan yang menguntungkan

5. Membuka Bengkel Sederhana
Membuka bengkel sederhana dapat digunakan untuk mengisi waktu luang anda khususnya anda yang bersekolah di SMK atau kuliah jurusan otomotif. Anda bisa memulainya sendiri atau mengajak beberapa teman anda untuk menjalankan usaha ini sepulang sekolah atau kuliah. Selain mendapatkan uang juga menambah keterampilan anda dalam dunia otomotif.

6. Usaha Sampingan Membuka Rental Playstation
Membuka usaha rental playstation juga sangat menguntungkan dan dapat anda lakukan dirumah. Anda dapat memulainya dengan membeli dua buah playstation 3 dan dua buah televisi berukuran 21-24 inchi. Dari keuntungan penyewaan 2 unit playstation tersebut bisa anda kembangkan untuk menambah jumlah playstation lagi. Usaha ini bisa anda jaga sendiri atau mempercayakannya pada rekan yang punya banyak waktu luang.

7. Usaha Sampingan Berjualan Makanan Ringan atau Kue
Usaha jenis ini terinspirasi dari sahabat saya waktu SMA, disaat teman-teman yang lain masih meminta uang saku dia bisa membiayai sendiri biaya sekolahnya dengan berjualan makanan ringan. Keutungan yang ia dapatkan waktu itu sangatlah lumayan setara dengan upah minimum karyawan kota saya. Bisnis ini sangat mudah sekali pemasarannya kita bisa menargetkan rekan-rekan disekolah seperti yang sahabat saya lakukan.

Baca juga : Inspirasi peluang usaha sampingan untuk karyawan

Diatas adalah beberapa contoh peluang usaha sampingan untuk pelajar dan mahasiswa yang sangat menguntungkan dengan modal yang cukup kecil. Anda dapat menjadikna contoh-contoh usaha diatas sebagai inspirasi dalam menemukan peluang usaha sampingan yang sesuai dengan passion anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts

7 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar dan Mahasiswa
4/ 5
Oleh