Dec 27, 2014

Peluang Usaha Berjualan Makanan Beku Ide Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Peluang usaha berjualan makanan beku belakangan cukup menggiurkan karena berbagai jenis makanan beku mulai makanan ringan hingga olahan lauk mendapat permintaan pasar yang cukup tinggi. Bisnis makanan beku atau yang biasa dikenal frozen food merupakan salah satu bisnis yang tidak sulit dan dapat dengan mudah dijalankan oleh siapa saja. Bisnis ini merupakan salah satu usaha rumahan dengan modal yang kecil dan merupakan salah satu usaha makanan dengan sistem franchise atau waralaba. Ada banyak sekali franchise makanan beku yang saat ini bermunculan, nah anda bisa melihat browsur harga yang ditawarkan dan memilih franchise yang paling murah untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Makanan beku adalah salah satu jenis makanan yang mudah penyajiannya dan tahan lama. Yang termasuk makanan beku diantaranya naget, bakso, kornet, sosis, perkedel dan karage yang merupakan makanan beku yang biasanya dijadikan lauk. Sedangkan makanan beku yang dijadikan camilan biasanya adalah tempura, kaki naga, lumpia dan martabak. Alasan mengapa berjualan makana beku bisa sangat menguntungkan karena biasanya makanan beku menjadi favorit masakan ibu rumah tangga yang super sibuk sehingga tak punya banyak waktu untuk memasak.

Peluang Usaha Berjualan Makanan Beku Ide Usaha Rumahan Yang Menguntungkan

Memulai Usaha Berjualan Makanan Beku

Sebelum memulai berjualan makanan beku yang harus kita siapkan adalah tempat. Anda bisa menggunakan halaman, teras atau garasi untuk memulai berjualan makanan beku. Namun jika anda sudah memiliki warung atau tempat jualan itu malah lebih baik lagi.

Untuk meningkatkan minat pembeli anda dapat menyediakan berbagai jenis makanan beku meski harus juga diketahui bahwa makanan beku biasanya memiliki masa 6-12 bulan. Lakukan uji coba dan lihat produk-produk apa yang laris dan mana yang tidak laris. Perbanyak stok produk yang cepat terjual dan minimalisir produk-produk yang lama terjual. Sebaiknya anda menjual produk makana beku yang masa berlakunya minimal 70-80%.

Untuk lemari pendingin (freezer) tempat untuk menyimpan makanan beku biasanya kita membeli sendiri dengan harga yang cukup terjangkau sekitar 1 jutaan kita sudah dapat membawa pulang sebuah freezer yang bagus. Untuk menekan modal awal bisa dengan membeli freezer bekas yang masih berkualitas cukup baik. Semakin besar ukuran freezer yang anda beli semakin besar pula daya konsumsi listrik yang diperlukan jadi perhatikan juga berapa daya listrik dirumah anda.

Selanjutnya adalah memilih dimana kita menyetok makanan beku. Sekarang banyak pihak franchise yang melakukan promosi untuk calon franchise baru, jadi pilihlah mana yang paling menguntungkan dengan harga yang cukup murah. Biasanya untuk awalnya kita diharuskan membeli produk makanan beku minimal senilai satu juta juta rupiah. Namun tiap franchis menetapkan harga berbeda untuk calon franchise atau waralaba mereka.

Baca juga : Ide peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga

Tips Pengembangan Usaha Berjualan Makanan Beku

Seperti usaha-usaha pada umumnya kita harus menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan. Lakukan inovasi-inovasi untuk mendongkrak omset anda misal menambahkan jasa layanan antar order via telepon, membuat sebuah website atau blog sederhana dan masih banyak lagi.

Ketika anda mulai terbiasa dengan usaha ini ada waktunya anda harus mengembangkan usaha anda. Anda berpeluang menjadi seorang distributor makanan beku kepada penjual keliling. Caranya tawarkan makanan beku anda dengan harga yang lebih murah, mungkin dengan cara ini keuntungan yang didapat akan berkurang tapi dengan cara ini bisnis anda bisa berjalan semakin lancar dan akan banyak penjual keliling yang tertarik membeli dari anda. Anda juga dapat menjual berbagai produk pelengkap seperti saus, kecap, minyak goreng, sambal, tusuk sate dan masih banyak lagi. Menjadi distributor adalah salah satu contoh pengembangan usaha makanan beku ini dalam skala rumahan.

Keuntungan lain dari freezer adalah alat yang serba guna untuk menyimpan dan mengawetkan berbagai jenis makanan dan minuman. Sehingga anda bisa juga berjualan bahan-bahan pelengkap lain untuk memanfaatkan sisa pemakain freezer.


Demikianlah sedikit pengetahuan seputar peluang usaha berjualan makanan beku yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat untuk anda yang mencari ide peluang usaha rumahan.

Related Posts

Peluang Usaha Berjualan Makanan Beku Ide Usaha Rumahan Yang Menguntungkan
4/ 5
Oleh