Aug 1, 2015

Usaha Ternak Kelinci Peluang Bisnis Rumahan Menjanjikan

Peluang usaha rumahan ternak kelinci - Bagi anda yang suka dengan binatang berternak merupakan salah satu usaha yang dapat anda pilih, seperti ternak kelinci contohnya. Kelinci yang dapat diternak ada dua jenis yakni kelinci hias dan kelinci pedaging. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jika kelinci hias unggul diharga jual yang relatif mahal sedangkan kelinci pedaging unggul di jumlah permintaan pasar yang cukup besar. Sedangkan untuk perawatan seperti makan, kandang dan lain-lain keduanya sama saja.

Kelinci merupakan hewan yang mudah untuk dipelihara, sehingga tak jarang mereka yang tadinya berniat hanya memelihara sebagai hobi bisa berkembang banyak dan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Ya benar ternak kelinci bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan yang besar karena memiliki prospek yang bagus.

Peluang usaha rumahan ternak kelinci pic

Langkah-Langkah Menjalankan Usaha Ternak Kelinci

Bagi anda yang tertarik dengan usaha ini berikut kami akan bahas sedikit seputar langkah-langkah yang harus anda ikuti dalam menjalankan usaha ternak kelinci.

1. Persiapan Kandang
Cara pembautan kandang untuk kelinci dibuat dengan sistem petak, untuk setiap petaknya nanti kita isi dengan 2 ekor kelinci yakni jantan dan betina. Pembuatan kandang bisa disusun hingga 2 atau 3 tingkat untuk menghemat tempat. Yang harus diperhatikan dalam membuat kandang adalah kerapatan kandang, usahakan kandang dibuat dengan rapat untuk menghindari masuknya binatang lain seperti tikus karena akan memangsa anak kelinci nantinya. Kandang bisa terbuat dari kayu atau bambu serta menggunakan jaring kawat.

Contoh kandang kelinci 2 tingkat pic

2. Pemilihan Indukan
Selanjutnya adalah menyiapkan indukan untuk mulai berternak. Jika anda memilih berternak kelinci pedaging maka pilihlah indukan yang sehat dan berbobot besar. Sedangkan jika ingin berternak kelinci hias anda bisa memilih indukan seperti jenis Angora, Rex, Himalayan, American Chinchilla, Fuzzy loop dan yang lainnya.

Baca juga : Peluang usaha budidaya ikan lele

3. Sistem Pengembangbiakan
Kelinci yang siap untuk diternak minimal harus berumur sekitar 5 bulan. Cara pengawinannya bisa dicampur dalam satu kandang kemudian dipisahkan jika kelinci betina terlihat hamil, akan tetapi banyak juga yang memakai sistem pengawinan pagi atau sore saja kemudian dipisahkan setelah selesai kekandang masing-masing. Proses kehamilan hingga kelinci beranak membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Setiap ekor kelinci bisa menghasilkan 5 sampai 10 ekor kelinci.

4. Pemeliharaan
Proses pemeliharaan meliputi pemberian pakan serta menjaga kebersihan kandangnya. Anda bisa memberikan berbagai macam jenis sayuran seperti kol, sawi, kangkung, bungkil, kacang-kacangan atau rerumputan seperti jenis junggul. Selain itu berikan juga kelinci anda tambahan nutrisi agar kesehatan kelinci terjaga. Kebersihan kandang juga sangat penting untuk diperhatikan, usahakan untuk  menjaga kandang agar selalu dalam kondisi bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelinci yang kita ternak agar tidak mudah terserang penyakit.

Anakan kelinci bisa mulai dipasarkan ketika berumur 2 - 3 bulan. Anda bisa memasarkannya ke pet shop, pasar hewan, atau ke konsumen langsung. Namun jika kelinci yang anda ternak jenis kelinci pedaging anda bisa mencoba menawarkannya ke restoran atau warung makan dan berbagai jenis usaha kuliner lain yang menawarkan olahan kelinci.

Baca juga : Tips sukses usaha ternak ayam potong

Nah, demikianlah sedikit ulasan singkat seputar usaha ternak kelinci peluang bisnis rumahan menjanjikan. Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda yang tertarik menjadikan kelinci sebagai peluang usaha sampingan atau bisnis rumahan anda. Untuk menjalankan usaha ini awalnya juga tidak terlalu membutukan modal yang besar sehingga bagi anda yang suka akan ternak maka usaha ini bisa anda jadikan pilihan.