Dec 30, 2014

Peluang Usaha Ternak Burung Murai Batu Beromset Ratusan Juta

Peluang usaha ternak burung murai batu merupakan salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan dengan pendapatan yang tak main-main jika digeluti secara serius. Para peternak burung murai batu mampu meraih omset hingga ratusan juta dari usaha ini. Murai batu merupakan salah satu burung istimewa dengan bentuk ekor yang menjurai tinggi. Burung murai batu mempunyai suara khas yang indah dan merdu, bentuk tubuhnya gempal mungil dan juga menarik. Burung ini banyak sekali diminati oleh pecinta burung, mereka tertarik dari bentuk tubuh dan dari kualitas suaranya serta sering diikutkan lomba burung.

Harga jual burung murai batu pun tidak main-main. Setiap ekor bisa berharga 500 ribu sampai 2 juta rupiah tergantung kualitasnya, bahkan pernah ada yang menawar burung murai batu ini mulai dari harga puluhan hingga ratusan juta karena kualitas burungnya yang sangat bagus. Untuk burung yang sering memenangi kompetensi tentu memiliki harga jual yang lebih tinggi lagi. Dari harga jual yang tinggi inilah kenapa keuntungan peternak burung murai batu mampu menembus omset ratusan juta perbulannya. Mulai penasaran bagaimana cara berternak burung murai batu silahkan baca ulasan blog PeluangUsahaSampingan99.

Baca juga : Cara sukses berternak lovebird

Peluang Usaha Ternak Burung Murai Batu Beromset Ratusan Juta

Cara Budidaya Burung Murai Batu Agar Hasil Optimal

Dibawah ini beberapa cara bertenak murai batu yang bisa anda coba terapkan ditempat anda :

1. Pembuatan Kandang Yang Ideal

Langkah awal berternak burung murai batu adalah menyiapkan kandang, lalu bagaimana kandang yang ideal? Idealnya kandang atau sangkar untuk murai batu berukuran PxLxT 80x80x200 cm namun anda dapat menambah jumlah ukurannya disesuaikan dengan jumlah burung yang akan anda ternak. Dinding kandang terbuat dari kawat ram sehingga burung murai batu punya asupan udara dan sinar matahari yang cukup.

2. Pemberian Pakan

Jenis pakan yang dikonsumsi burung murai batu tidak berbeda jauh dengan burung kicauan lainnya yakni voer, serangga, cacing dan kroto. Usahakan memberikan pakan yang mengandung protein tinggi, karena burung ini membutuhkan banyak protein untuk perkembangannya. Perhatikan juga dalam pemberian pakan, usahakan jangan terlalu berlebihan yang berakibat merusak bentuk tubuhnya menjadi gendut yang dapat menyebabkan harga jual burung ini menurun.

3. Menjaga Kebersihan Bulu dan Ekor

Karena burung ini memiliki ekor yang panjang, anda harus ekstra dalam menjaga kebersihan burung ini. Semakin indah bulu dan ekornya dapat meningkatkan harga jual burung ini. Perawatan yang bisa anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin dengan cara memandikannya, bisa 1 atau 2 hari sekali disemprot dengan air.

4. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga kebersihan kandang sangat penting sekali, selain dapat mencegah burung agar tidak mudah kotor juga dapat mencegah burung terkena penyakit. Selalu bersihkan tempat pangkringan burung dan jaga agar pangkringan tersebut tetap kering. Pangkringan yang basah akan membuat kaki burung seperti terkelupas. Bersihkan juga secara rutin tempat makan dan minum burung.

5. Menambah Nilai Jual Dengan Mengikutkan Kompetensi

Salah satu cara mendongkrak nilai jual burung adalah dengan mengikutkannya dalam kompetensi burung. Karena burung yang sering menjuarai lomba bisa naik berlipat-lipat harganya. Pilih yang terbaik dari beberapa burung yang anda ternak, latih dan berikan perawatan ekstra untuk mengikutkannya dalam kompetensi atau lomba burung. Mengikutkan kompetensi tidak hanya bertujuan untuk menang tetapi juga melatih mental burung.

Butuh moda usaha baca : 4 Cara mendapatkan modal usaha


Demikianlah sedikit tips memanfaatkan peluang usaha ternak burung murai batu untuk meraih omset ratusan juta. Semoga tips ini dapat menambah pengetahuan anda seputar burung murai batu sebelum memutuskan untuk mulai berternak burung murai batu ini.

Related Posts

Peluang Usaha Ternak Burung Murai Batu Beromset Ratusan Juta
4/ 5
Oleh