Sep 20, 2015

Tips Penting Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Ide Usaha Sampingan - Tips penting memulai bisnis online untuk pemula berikut ini bisa membantu anda yang sedang tertarik ingin menjalankan usaha secara online melalui aneka bisnis online. Ada banyak sekali peluang-peluang bisnis online yang dapat anda coba, namun tentu anda harus menguasai salah satu jenis bisnis tersebut sebelum memutuskan terjun langsung dalam bisnis yang anda inginkan itu.

Apalagi bagi pemula tentu akan sangat banyak sekali tantangan yang akan dihadapai ketika memulai bisnis. Namun dari setiap tantangan tersebut kita dapat belajar dari setiap pengalaman yang diperoleh dari setiap prosesnya sehingga menjadikan kita lebih bisa dan lebih baik lagi dalam mengelola bisnis tersebut nantinya.

Karena salah satu faktor terpenting yang memperngaruhi kesuksesan usaha dalam bidang bisnis online ini adalah pengalaman, maka jangan sungkan-sungkan untuk belajar pada ahlinya sehingga anda berjalan dijalur yang tepat tanpa harus melakukan trial dan error lagi. Jika diperlukan maka carilah mentor yang bisa membimbing dan belajar seputar kekurangan atau yang anda belum pahami.

Namun pada dasarnya yang namanya sebuah bisnis, baik itu bisnis online atau bisnis offline memiliki kesamaan dalam penganannya. Dan pada kesempatan ini kami akan membagikan tips bagi anda yang tertarik ingin menjalankan bisnis online.

Pada dasarnya pondasi awal semua bisnis yang dilakukan, apapun itu jenisnya memiliki kesamaan bagi para pelaku bisnis baik saat memulai bisnis online maupun bisnis offline.

Tips bisnis online pemula image

Tips Menjalankan Bisnis Online Bagi Pemula

Berikut ini beberapa tips bisnis online pemula yang harus kamu tahu sebelum terjun kedalam dunia bisnis online :

#1 Melakukan Riset Pasar

Dalam memulai bisnis apapun yang paling penting adalah melakukan riset pasar. Dengan melakukan riset pasar kita jadi tahu seberapa besar minat konsumen kepada barang atau jasa yang kita tawarkan. Tak perlu repot-repot anda bisa memulai menawarkannya pada kerabat atau teman terdekat dahulu, penawaran seperti ini memang sangat sederhana dan jangan lupa untuk meminta pendapat mereka. Cara lain adalah mengamati tingkat persaingan dari jenis bisnis online yang nanti anda jalankan, sehingga bis amengukur kekuatan pesaing anda. Dengan mengetahui potensial pasar yang anda target, berapa jumlah peminatnya, bagaimana saingannya maka anda akan bisa mengatur strategi bagaimana baiknya usaha bisnis online anda nantinya.

Baca juga : 4 bisnis online untuk mahasiswa

#2 Tak Harus Dengan Modal Besar

Bagi pemula tak harus muluk-muluk mencoba bisnis yang membutuhkan modal besar, karena tanpa keterampilan yang memadai bisnis anda bisa jadi tak akan berkembang atau bahkan mengalami kerugian. Cobalah memulai bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda dan sesuaikan jumlah modal berdasarkan kemampuan yang anda miliki. Karena suksesnya sebuah usaha bukan hanya bergantung pada modal saja melainkan pada kelancaran usaha tersebut, bisa jadi karena minat konsumen atau faktor lain.

#3 Fokus Pada Satu Jenis Usaha

Salah satu faktor yang membuat pebisnis online pemula gagal ialah mudah tergiur dengan bisnis lain saat bisnisnya belum membuahkan hasil atau baru dirintis. Apalagi dalam bisnis online ini ada banyak ssekali peluang bisnis yang memang sangat menggiurkan untuk digeluti. Saran kami pilihlah satu bidang yang memang membuat anda berminat untuk menekuninya. Dan jika sudah mendapatkan bidang apa itu maka fokuslah hingga menghasilkan keutungan yang besar.

#4 Dapatkan Penjualan atau Hasil yang Pertama

Salah satu kendala yang paling banyak dialami oleh pebisnis pemula ialah menyerah sebelum menghasilkan. Dalam berbisnis memang tidak ada yang instan dan semua butuh proses, sumberdaya, waktu yang harus dikorbankan demi mencapai keberhasilan. Karena dengan kita tidak menyerah kita akan menemukan suatu pola yang memang cocok untuk kita dan menghasilkan keuntungan nantinya. Janganlah berputus asa hingga menemukan sesuatu yang memang bekerja untuk anda. Dan jika telah menghasilkan selanjutnya adalah mengembangkannya.

Baca juga : Strategi promosi toko online

#5 Pentingnya Mentor

Memang bisa saja semuanya dilakukan secara otodidak namun jika anda siap mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk mencoba beragam cara yang belum tentu menghasilkan seperti yang anda inginkan. Cara tercepat ialah dengan mencari mentor yang tepat, bisa dengan mengikuti kursus dan bermacam cara lainnya. Dengan adanya mentor kita akan diarahkan dengan benar seputar usaha bisnis online yang kita jalani. Sebagai contoh anda tertarik ingin menjalankan toko online, maka anda akan dipandu bagaimana membuat toko online itu mulai dari pembuatan webssite, strategi promosi dan lain-lain.

Nah kami rasa cukup sekian tips penting memulai bisnis online untuk pemula yang dapat kami bagikan. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian yang tertarik dengan bisnis online.

Related Posts

Tips Penting Memulai Bisnis Online Untuk Pemula
4/ 5
Oleh