Jul 29, 2015

Analisa Usaha Memulai Bisnis Jasa Laundry

Usaha Jasa Laundry - Jasa laundry merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan, kenapa menggiurkan? Karena sudah jelas bahwa bisnis ini sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa laundry dari pada mencuci baju sendiri khususnya mereka yang tinggal dikontrakan atau di kosan. Dan beberapa orang ada yang terpaksa menggunakan jasa laundry karena alasan tidak tersedianya air bersih yang memadai. Jasa laundry dipastikan tak akan pernah sepi pelanggan, oleh sebab itu jasa laundry bisa menjadi salah satu alternatif dan pilihan bisnis yang anda pilih.

Untuk memulai mendirikan jasa laundry modal yang dibutuhkan bervariasi tergantung seperti apa usaha anda nanti berjalan. Jika ingin memulai dengan membuka usaha kecil-kecilan dapat memulai dengan modal yang sangat minim misal 5 sampai 10 juta. Namun dengan modal tersebut belum bisa membeli peralatan secara lengkap hanya beberapa yang paling dibutuhkan. Namun jika anda mulai serius dengan usaha ini dengan modal 30 sampai 50 juta sudah bisa berjalan dengan baik.

Analisa usaha jasa laundry pic

Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Usaha Jasa Laundry

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha jasa laundry :

1. Mesin Cuci dan Mesin Pengering Pakaian
Yang paling utama dalam usaha jasa laundry adalah memiliki mesin cuci pakaian. Mesin cuci dapat dibeli dengan harga sekitar 2-3 jutaan untuk yang biasa dan yang bagus berkisar antara 5 jutaan. Untuk awal anda bisa menggunakan 2 mesin cuci terlebih dahulu baru nanti jika mulai banyak pelanggan menambah mesin lagi. Selain mesin cuci juga dibutuhkan mesin pengering pakaian, harganya berkisar antara 6 s/d 12 jutaan. Dengan mesin pengering tentu akan mempercepat proses pengeringan sehingga anda bisa melayani banyak order. Namun untuk awalnya bisa mengguanakan tenaga matahari terlebih dahulu untuk meminimalisir modal awal.

2. Mesin Setrika
Mesin setrika terdiri dari 2 macam yakni setrika biasa dan setrika uap. Sangat disarankan mengguankan setrika yang sudah canggih yakni bisa untuk biasa dan bisa dengan uap. Karena nanti jenis pakaian yang kita kerjakan akan bermacam-macam sehingga memiliki setrika yang bisa untuk semua jenis bahan sangat disarankan. Harga setrika uap berkisar antara 1 hingga 6 jutaan. Untuk menekan modal awal bisa menggunakan setrika biasa dahulu atau mencari setrika uap dengan harga yang murah namun berkualitas.

3. Air Bersih
Ketersediaan air sangat penting untuk jalannya usaha anda, pastikan lokasi tempat kerja anda mudah mendapatkan air bersih. Air dapat diperoleh dari sumur atau jasa PDAM, jika menggunakan jasa PDAM maka akan ada biaya bulanan.

4. Tenaga Kerja
Anda membutuhkan seseorang untuk membantu pekerjaan anda, dan itu disebut tenaga kerja. Karyawan-karyawan di jasa laundry umumnya menerima gaji sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaannya, biasanya berkisar antara 1 hingga 2,5 juta perbulannya. Tenaga Kerja atau karyawan adalah salah satu aset berharga yang harus anda jaga, karena baik atau buruknya kinerja karyawan ditentukan bagaimana fasilitas atau kenyamanan yang diberikan pemilik usaha. Berikan mereka bonus atau tambahan gaji semisal telah mencapai target dan lain sebagainya, hal semacam ini akan memacu motivasi mereka untuk bekerja dengan baik.

5. Tempat Usaha
Tempat usaha juga mempengaruhi kesuksesan jasa laundry anda, sehingga pastikan untuk mmeilih lokasi yang strategis misalnya dekat dengan kontrakan atau kosan, kampus dan lain sebagainya. Anda bisa menyewa ruko untuk anda jadikan tempat usaha namun tentu ini akan menambah biaya, akan tetapi jika anda telah memiliki tempat sendiri akan sangat meringankan pengeluaran tahunan anda.

6. Lain-lain
Selain modal diatas ada beberapa modal lain yang anda butuhkan, yaitu deterjen, pengharum, hanger dan masih banyak lagi yang lainnya menyesuaikan kebutuhan anda.

Baca juga :  Jasa laundry peluang usaha menguntungkan

Mungkin kurang lebih seperti itulah gambaran analisa usaha memulai bisnis jasa laundry. Dengan analisa tersebut diharapkan anda telah memiliki pandangan dan gambaran tersendiri yang telah anda sesuaikan dengan situasi dan kondisi keuangan anda. Semoga dengan tips diatas dapat memperlancar niat anda dalam menjalankan usaha jasa laundry.