Aug 1, 2015

Tips Menjalankan Usaha Sampingan untuk Mahasiswa

Tips menjalankan usaha sampingan untuk mahasiswa - Mahasiswa adalah masa dimana seorang remaja dituntut untuk mulai mempersiapkan masa depannya. Disinilah seorang remaja belajar banyak ilmu-ilmu kehidupan selain ilmu yang diajarkan dosen. Ilmu kehidupan tersebut contohnya bekerja paruh waktu untuk memenuhi biaya kuliah, belajar berhemat, dan masih banyak lagi. Mereka yang malas ketika masa kuliah akan sangat merugi karena kehilangan kesempatan untuk mempersiapkan masa depannya.

Selain untuk belajar dan minamba ilmu banyak juga para mahasiswa yang bekerja dan menjalankan usaha. Motifnya macam-macam mulai dari tidak ingin terlalu membebani orang tua, ingin membiayai kuliah sendiri dan masih banyak lagi. Mahasiswa yang seperti ini patut diacungi jempol karena biasanya para mahasiswa yang sering mengalami masa-masa sulit, merekalah yang akan bersungguh-sungguh menggapai kesuksesan.

Nah jika anda termasuk mahasiswa tersebut maka beruntunglah anda, namun ada beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum menjalankan usaha agar kuliah dan usaha anda bisa berjalan dengan lancar.

Tips usaha sampingan mahasiswa pic

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan bagi Mahasiswa

Berikut ini beberapa tips untuk para mahasiswa yang tertarik dengan peluang usaha sampingan dan ingin mencoba menjalankannya diwaktu luang saat kuliah :

Pentingnya Membuat Perencanaan yang Matang

Tips usaha sampingan mahasiswa perencanaan pic
Membuat perencanaaan sebelum memuali bisnis merupakan hal yang penting, karena ini sangat mempengaruhi kelancaran usaha anda nantinya. Yang dimaksud perencanaan disini ialah lebih kepada manajemen waktu dan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Kurang lebih bisa diibaratkan seprti berikut ini, misalkan anda memiliki kemampuan dibidang tertentu seperti berdagang, mengajar, membuat keterampilan, seni dan lain sebagainya maka akan sangat baik jika menjalankan usaha sesuai dengan bakat dan kemampuan anda. Sehingga dengan memiliki bakat tertentu yang sejalan dengan bisnis yang dijalani tentu akan memudahkan anda dalam mengelolanya.

Selain itu seputar manajemen waktu, ini juga sangat penting. Anda harus bisa menghitung berapa waktu luang anda yang nantinya kita dedikasikan ke usaha yang kita jalankan. Manajemen waktu yang baik sangat mempengaruhi jalannya usaha, karena jika waktu kita terbatas usaha yang kita jalani juga akan ikut tersendat, oleh karena itu sesuaikan waktu yang anda miliki dengan jenis usaha yang anda pilih.

Baca juga : Peluang usaha bisnis online untuk mahasiswa


Tidak Bentrok dengan Aktifitas Kuliah

Tips usaha sampingan mahasiswa bagi waktu pic
Jangan pernah lupakan kewajiban kita sebagai mahasiswa, berbisnis boleh namun juga harus tahu waktu. Siapa yang tidak ingin sukses sejak masih usia belia, namun juga harus pandai menyesuaikan diri, jangan sampai keinginan kita berbisnis ini mengganggu aktifitas kuliah kita jika memang tujuan kita mencari uang adalah kuliah.

Pastikan untuk memilih jenis usaha yang mudah dijalankan tanpa mengganggu aktifitas kuliah dan tugas-tugas anda nantinya. Tidak harus muluk-muluk mengejar omset besar banyak kok peluang usaha sampingan menguntungkan yang bisa dijalankan mahasiswa tanpa takut mengganggu tugas utama sebagai mahasiswa. Diantaranya seperti menjadi penulis lepas, memberikan jasa les privat, menjadi blogger dan masih banyak lagi yang lain.


Pentingnya Manajemen Waktu yang Baik

Tips usaha sampingan mahasiswa manajemen waktu pic
Tadi telah kita singgung sedikit masalah manajemen waktu ini pada perencanaan nah sekarang mari kita ulas lebih jauh lagi seputar manajemen waktu yang baik. Lantas seperti apa sih manajemen waktu yang baik itu? manajemen waktu yang baik adalah dengan membagi waktu-waktu kita dengan sebaik mungkin misal waktu kuliah kita dedikasikan hanya untuk kuliah dan tugas-tugas kuliah, waktu ketika pulang kuliah kita bisa memanfaatkannya untuk mengelola bisnis kita jadi sangat penting sekali untuk memilih jenis bisnis yang fleksibel dalam artian bisa dikerjakan kapanpun kita mau, lalu kemudian waktu hari libur dan waktu senggang lainnya bisa dimanfaatkan untuk berbisnis namun jangan lupakan waktu untuk beristirahat. Istirahat juga sangat penting untuk refreshing otak kita dari kejenuhan tugas kuliah dan kegiatan bisnis kita jadi manfaatkan waktu ini sebaik mungkin sekaligus untuk memulihkan energi kita.

Baca juga : Langkah penting sebelum membuka usaha

Nah demikianlah tips menjalankan usaha sampingan untuk mahasiswa, semoga dengan beberapa tips singkat diatas bisa bermanfaat untuk anda menjalankan usaha anda.

Related Posts

Tips Menjalankan Usaha Sampingan untuk Mahasiswa
4/ 5
Oleh