Sep 16, 2015

5 Ide Usaha Rumahan Bagi Pensiunan yang Potensial

Usaha Rumahan Bagi Pensiunan - Pensiunan adalah mereka yang telah berhenti kerja karena faktor usia yakni biasanya diusia 50 tahun. Pensiunan ada yang mendapat jatah setiap bulannya dan ada juga yang memang tidak memiliki jatah tergantung dari pekerjaannya apa. Oleh karenanya untuk mengusir kebosanan serta untuk menambah penghasilan tambahan terkadang mereka yang telah pensiun berpikir untuk memiliki usaha kecil-kecilan yang dikerjakan dirumah. Ada banyak sekali peluang-peluang usaha yang bisa dikerjakan sebenarnya oleh para pensiunan tergantung minat dan hobi mereka. Nah pada kesempatan ini kita akan bahas contoh-contoh peluang usaha rumahan bagi pensiunan yang menguntungkan.

Berbisnis di masa pensiun? Tidak ada yang salah. Menjalankan usaha bukanlah sesuatu yang salah apalagi hanya karena faktor usaha. Jika bisa menghasilkan nilai finansial yang menguntungkan usaha bisa salah satu jalan yang bisa dicoba. Namun untuk para pensiunan sebaiknya memilih usaha yang memang tak terlalu menguras tenaga dan pikiran.

Ide usaha rumahan bagi pensiunan image

Contoh Peluang Usaha Rumahan Bagi Pensiunan Menguntungkan

Penasaran apa saja kira-kira contoh usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh pensiunan, berikut beberapa contoh usaha tersebut :

#1 Usaha Sampingan Sesuai Dengan Hobi
Menjalankan usaha yang paling menyenangkan ialah ketika menyangkut hobi karena kita tak akan pernah bosan dalam menjalankannya. Ada banyak sekali hobi yang memiliki nilai ekonomis, seperti jika anda memiliki hobi memancing tidak ada salahnya anda mencoba membuka usaha kolam pemancingan. Atau jika anda memiliki hobi dalam bidang seni, membuat suatu karya yang bisa dijual bisa jadi pilihan bisnis yang sangat menguntungkan.

Baca : Mengubah hobi jadi usaha

#2 Usaha Properti
Usaha properti disini bukanlah properti besar seperti penjualan rumah dan lain-lain namun lebih simpel yang sekiranya mampu dijalankan oleh anda seorang pensiunan. Contohnya membangun kontrakan dan tempat kos dilokasi-lokasi strategis seperti dekat kampus, sekolahan, area perkantoran dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk memulainya memang memerlukan modal yang tidak sedikit namun usaha seperti ini tergolongh santai dan menguntungkan sekali dengan hasil bulanan yang pasti. Semakin banyak anda memiliki kontrakan atau tempat kosan maka semakin besar keuntungan yang anda peroleh. Pada awalnya memang tak harus membangun banyak namun sesuaikan dengan modal yang dimiliki.

#3 Usaha Rental
Salah satu contoh bisnis lainnya yang cukup santai ialah membuka usaha rental, entah itu rental mobil, rental playstation atau game online. Selain itu ada banyak sekali jenis-jenis usaha rental yang cukup menguntungkan seperti rental sepeda jika anda tinggal didaerah wisata dan masih banyak contoh-contoh yang lainnya.

#4 Usaha Toko Kelontong
Usaha yang satu ini salah satu jenis usaha yang bisa dijalankan oleh siapa saja dan cukup mudah untuk menjalankannya. Mulailah dengan menjual barang kebutuhan sehari-hari baru kemudian sedikit mengembangkannya dengan menambah jumlah barang dagangan.

#5 Usaha Sesuai Dengan Keahlian
Memulai usaha tidak terpaku pada hobi saja, namun jika anda memiliki keahlian tertentu yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang kenapa tidak. Misalnya jika anda dahulunya berprofesi sebagai guru anda bisa mencoba membuka kursus dirumah atau membuka tempat kursus dan mencari beberapa tenaga pengajar untuk membantu anda. Selain itu juga ada banyak sekali keahlian lain yang bisa dimanfaatkan.

#6 Usaha Bidang Peternakan dan Pertanian
Yang terakhir adalah bagi anda yang suka berternak dan berkebun bisa mencoba salah satu jenis usaha ini. Misalnya seperti berternak ayam potong, budidaya jahe dan masih bnayak lagi yang lainnya. Karena usaha seperti ini bisa dilakukan dirumah tanpa anda perlu susah payah keluar rumah.

Baca juga : Peluang usaha rumahan menguntungkan

Demikianlah 6 ide usaha rumahan bagi pensiunan yang potensial yang bisa anda coba demi mencari penghasilan tambahan dan mengisi waktu luang anda dimasa tua. Tetapi ingat juga bahwa semakin tua usia kita harus semakin dekat kita dengan-NYA, sehingga jangan hanya terpaku pada dunia saja karena akhirat adalah yang paling utama.