Sep 28, 2015

Analisa dan Tips Usaha Peluang Bisnis Salon Rambut

Peluang Bisnis - Analisa dan tips usaha peluang bisnis salon rambut akan menjadi topik yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Dimana usaha potong rambut memiliki potensi yang sangat menjanjikan dan tak akan pernah lekang oleh waktu karena memang usaha ini banyak dibutuhkan orang, baik dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Dengan menjaga penampilan bisa mempengaruhi cara pandang orang terhadap kita, bahkan itu dalam hal berbisnis. Dari penampilanlah orang atau kolega bisnis kita menilai kita, sehingga sangat penting sekali untuk terus menjaga penampilan kita. Bahkan dari beberapa penelitian penampilan mempengaruhi karir dan kesuksesan seseorang. Mereka yang bisa menjaga diri mereka dengan baik bisa lebih mudah mendapat kepercayaan orang lain. Dan rambut  merupakan salah satu yang berpengaruh dalam hal berpenampilan seseorang terutama bagi wanita. Oleh karena itu membuka usaha salon rambut bisa jadi pilihan bisnis yang menjanjikan terutama untuk seorang wanita yang suka akan fashion dan style. Sehingga bisa berkreasi dengan hobi mereka namun tetap mendapatkan penghasilan.

Pada mulanya salon rambut memang ditunjukan kepada wanita saja, namun seiring perkembangan jaman banyak juga kaum lelaki yang membuka salon potong rambut. Bahkan saat ini keberadaan salon bisa kita temukan dengan mudah disetiap sudut kota baik itu didesa maupun di kota besar dengan berbagai macam fasilitas dan layanan yang beragam. Seperti salon rambut wanita muslimah, salon rambut khusus lelaki, salon rambut khusus anak-anak dan bayi dan lain sebagainya.

Peluang usaha salon rambut image

Analisa Usaha Peluang Bisnis Salon Rambut

Berikut ini rincian modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha salon rambut dengan skala rumahan :

Modal Awal
Renovasi ruangan + pembuatan jalur air : Rp. 1.000.000,-
Kursi keramas : Rp. 750.000,-
Perlengkapan usaha salon rambut (gunting, pengering rambut, handuk, catokan shower, steamer dan lain-lain) : Rp. 1.500.000,-

Biaya Bulanan
Produk salon rambut : Rp. 300.000,-
Air dan listrik : + Rp. 350.000,-

Baca juga : Usaha modal kecil menjanjikan

Tips Menjalankan Usaha Salon Rambut dengan Modal Kecil

Inilah di tips menjalankan usaha salon rambut dengan modal yang minim yang sangat cocok bagi anda yang ingin memulai usaha salon rambut namun tidak memiliki modal yang besar.

#1 Pemilihan Tempat/Lokasi Usaha
Memanfaatkan ruangan rumah seperti garasi, ruang kosong atau ruang tamu atau halaman rumah sebagai lokasi usaha. Lakukan sedikit renovasi agar terlihat menarik bagi pengunjung yang datang ke salon rambut anda. Tidak harus mewah yang penting menjaga kenyamanan dan kebersihan ruangan salon rambut anda agar pengunjung betah berlama-lama di dalam salon anda. Sediakan juga berbagai hiburan seperti televisi, koran atau majalah agar pengunjung tidak bosan menunggu.

#2 Tingkatkan Skill/Kemampuan Anda
Anda bisa mengikuti pelatihan atau kursus untuk lebih mendalami seputar cara memotong rambut yang baik dan benar. Namun jika anda memiliki keahilan dalam memotong rambut, maka hal tersebut akan sangat membantu kelancaran usaha salon rambut yang anda jalankan. Dengan begitu anda tidak perlu lagi menyewa pegawai karena anda bisa langsung menangani pelanggan sehingga bisa menghemat biaya ketika usaha baru didirikan.

Tantangannya adalah ketika begitu banyak model rambut yang terus bermunculan setiap tahunnya. Jadi pastikan anda memiliki pengetahuan serta terus belajar seputar tren rambut yang beredar saat ini. Hal ini cukup penting untuk memenuhi setiap keinginan pelanggan salon rambut. Dengan semakin banyaknya model rambut yang anda kuasai maka semakin besar pula peluang mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan semakin berkembangnya usaha yang anda kelola maka anda bisa menambah karyawan untuk membantu anda.

#3 Tenaga Kerja yang Terampil
Pada awal usaha berjalan memang anda bisa menangani semaunya sendiri namun perlahan seiring dengan bertambahnya jumlah pelanggan di salon rambut anda maka anda memerlukan bantuan karyawan untuk membantu anda. Anda bisa mencari tenaga kerja lulusan smk jurusan tata kecantikan sehingga anda tak perlu bersusah payah mengajari mereka dari awal tinggal mengarahkan saja maunya anda seperti apa.

#4 Pentingnya Promosi
Meski usaha anda dijalankan sebagai usaha rumahan bukan berarti tidak membutuhkan promosi. Dan promosi tidak cukup hanya dengan memasang banner atau plakat didepan tempat usaha anda, melainkan juga harus membuat brosur untuk dibagikan di sekitar lokasi usaha anda. Agar nantinya lebih banyak lagi orang yang tahu akan usaha yang anda jalankan.

Manfaatkan media online seperti facebook, twitter, bbm dan lainnya untuk berpromosi. Hasil karya anda berupa berbagai macam model potongan rambut bisa di upload ke media social terutama komunitas dimana banyak kaum hawa berkumpul. Berikan nama salon dan alamat lengkapnya sehingga mereka yang tertarik akan mengunjungi salon rambut anda.

#5 Pelayanan
Yang juga tak kalah penting yang mempengaruhi berjalannya bisnis ialah kepuasan pelanggan, karena dengan konsumen yang puas maka mereka akan menjadi pelanggan yang loyal. Oleh karenanya sangat penting untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Dan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada mereka tanyakan pendapat mereka seputar salon anda, sehingga dapat digunakan sebagai masukan dan saran yang membangun untuk kemajuan usaha anda nantinya.

#6 Manajemen Keuangan yang Baik
Banyak sekali usaha-usaha kecil yang tak memperhitungkan dengan detail setiap pemasukan dan pengeluaran usaha mereka. Sehingga terkadang usaha yang dijalankan sangat sulit untuk berkembang. Membuat laporan keuangan kas masuk dan keluar sangatlah penting. Karena dari data tersebut kita bisa memantau perkembangan usaha kita. Sehingga bisa mengantisipasi sekaligus menyusun strategi untuk kemajuan dan perkembangan usaha.

Baca juga : Peluang usaha sate seafood

Kami rasa demikianlah sedikit analisa dan tips usaha peluang bisnis salon rambut yang dapat kami sampaikan. Informasi diatas hanyalah sekedar informasi dan analisa sederhana dari usaha salon rambut. Karena yang kompleks hanya akan kita dapatkan dari berjalannya usaha tersebut seperti pengalaman dan tantangan yang mungkin akan kita hadapi kedepannya. Semoga sedikit informasi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat untuk pembaca setia blog PeluangUsahaSampingan99.

Related Posts

Analisa dan Tips Usaha Peluang Bisnis Salon Rambut
4/ 5
Oleh