Jul 28, 2015

Tips Sukses Mengelola Usaha Katering Untuk Pemula

Tips sukses mengelola usaha katering untuk pemula - Sekarang ini berbisnis di bidang kuliner memang merupakan sebuah tren dimasyarakat kita. Kita bisa melihat disekeliling kita semakin banyak sekali yang berjualan makanan baik makanan utama maupun makanan ringan. Alasan utama kenapa bisnis ini terus ada karena didukung konsumen yang terus meningkat. Siapa yang tidak membutuhkan makan? Semua makhluk hidup perlu makan. Selain makanan utama makanan ringan juga sangat laris.

Karena makanan merupakan kebutuhan primer yang tak tergantikan membuat usaha dibidang katering ini tak pernah sepi pembeli. Apalagi jika anda jago masak dan pandai dalam mengatur komposisi makanan anda. Selain rasa yang perlu diperhatikan adalah harga, rasa yang enak ditambah harga yang terjangkau akan membuat jasa katering anda kebanjiran order.

Dibidang makanan salah satu usaha kuliner yang cukup menjanjikan adalah katering. Target market katering ini sangat luas, mulai dari kantor-kantor hingga orang yang memiliki hajat seperti pesta pernikahan dan lain sebagainya.

Usaha katering ini memang dapat dilakukan dimana saja, akan tetapi pemilihan tempat yang strategis sangat menentukan keberhasilan katering anda. Memilih lokasi yang strategis dimana masyarakat luas dapat menjangkau usaha anda dengan mudah merupakan salah satu kelebihan yang berperan penting dalam usaha katering yang anda jalani.

Tips sukses usaha katering pemula pic

Tips Sukses Mengelola Usaha Katering Untuk Pemula

Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi sedikit tips bagaimana mengelola usaha katering agar dapat mencapai kesuksesan seperti yang anda impikan, berikut tips yang harus anda lakukan :

Menambah Wawasan dan Meningkatkan Pengetahuan
Anda harus benar-benar memahami dengan seksama berbagai jenis masakanyang memenag disukai masyarakat dilingkungan sekitar usaha anda. Anda dapat menambah pengetahuan anda dengan cara browsing dari internet, bertanya ke lingkungan sekitar atau membaca buku-buku seputar kuliner.

Baca juga : Inspirasi bisnis makanan sekitar kita

Mempersiapkan Modal
Modal adalah hal pertama yang harus dimiliki untuk membuka usaha jasa katering ini. Apabila ada keterbatasan modal anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan alat-alat dapur yang anda miliki dirumah, sehingga sisa modal dapat dimanfaatkan untuk membeli bahan baku dan berbagai kebutuhan lainnya. Untuk awalnya dengan modal sekitar 2 juta rupiah saja anda sudah bisa memulai usaha ini. Dan nanti seiring berjalannya waktu anda dapat menggunakan keuntungan anda untuk mengembangkan usaha katering anda.

Baca juga : Cara mencari modal usaha

Kualitas Masakan
Kualitas masakan adalah aspek terpenting yang mempengaruhi kesuksesan bisnis anda. Diantaranya adalah rasa masakan dan bentuk penyajian yang menarik serta memperhatikan kebersihan masakan tersebut. Menjaga kualitas merupakan hal terpenting dari usaha katering ini, usahakan untuk selalu memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas. Perhatikan juga kebersihan dari makanan yang disajikan serta pastikan bahwa makanan yang anda masak tidak membahayakan konsumen.

Mempersiapkan Mental Yang Kuat
Sebagai seorang pebisnis yang memutuskan jalur bisnis sebagai lahan untuk mendapatkan keuntungan tentu harus didukung dengan mental yang kuat, anda harus berani menanggung segala resiko yang mungkin akan muncul dikemudian hari. Selalu berpikirlah yang positif dan hilangkan segala rasa khawatir anda dan yakinlah bahwa usaha yang akan anda jalani dengan sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil.

Menetapkan Harga
Sebagai awalan usahakan untuk tidak mematok harga yang terlalu tinggi agar mampu bersaing dengan usaha katering lainnya. Anda bisa mencoba memberikan promo di awal untuk menarik perhatian konsumen. Sehingga jika masakan yang anda jual lezat tentu secara otomatis mereka akan kembali membeli makanan dari usaha katering anda.

Pemasaran dan Promosi
Untuk memulai memasarkan produk anda, anda bisa memulainya dengan membuat label untuk kemasan makanan yang anda jual. Dengan begitu nanti diharapkan masyarakat akan lebih mengenal dnegan produk-produk anda. Untuk membantu memperkenalkan usaha anda pada masyarakat anda bisa menggunakan leaflet untuk disebarkan disekitar lokasi anda bekerja serta memasang banner di depan tempat usaha anda berdiri.

Selain itu promosi juga dapat dilakukan secara online melalui media sosial atau dengan bantuan website. Dengan cara tersebut usaha anda akan cepat dikenal secara luas dan tak jarang juga akan mendapatkan orderan melalui media online.

Nah demikianlah sedikit tips sukses mengelola usaha katering untuk pemula, semoga dengan tips diatas dapat membantu anda mencapai kesuksesan dari bisnis katering yang akan anda kelola. Semoga bermanfaat.