Jul 30, 2015

Analisa Usaha dari Bisnis Cuci Motor Menggiurkan

Analisa usaha cuci motor -  Cuci motor meruapakan termasukdalam salah satu usaha yang tak membutuhkan modal besar. Meskipun dengan modal kecil namun peluang keuntungan yang didapat lumayan besar. Tidak semua keuntungan yang besar didapat dari usaha yang diawali dengan modal yang banyak, akan tetapi juga ditentukan oleh kondisi lain seperti tersedianya konsumen yang cukup, ramainya usaha, pemasaran dan masih banyak lagi. Jika dibandingkan dengan usaha yang lain seperi jasa foto copy atau warnet usaha cuci motor menang dari segi modal karena tak membutuhkan modal sebanyak usaha tersebut namun untuk keutungan bisa sama bahkan melebihi usaha tersebut.

Analisa usaha cuci motor pic

Mengapa Usaha Cuci Motor Menjanjikan ?

Motor merupakan salah satu kendaraan yang paling diminati dan memiliki banyak kelebihan. Sekarang ini bisa dipastikan setiap keluarga pasti memiliki motor, bahkan terkadang lebih dari satu tergantung dari jumlah keluarga tersebut. Ini membuktikan bahwa ketergantungan masyarakat terhadap alat transportasi tersebut masih cukup tinggi. Dan tidak semua masyarakat yang memiliki motor mau meluangkan sedikit waktunya untuk mencuci motor sendiri, oleh karena itu mengapa usaha cuci motor tak pernah sepi pengunjung. Alasan lain mengapa orang-orang lebih memilih menyuci motornya di tempat cucian motor dari pada mencuci sendiri adalah karena harga jasa cuci motor terbilang snagat terjangkau.

Baca juga : Tips sukses usaha jasa cuci motor

Analisa Modal Awal Usaha Cuci Motor

Untuk menjalankan usaha cuci motor ini modal yang diperlukan tidaklah besar anda bisa memulainya dengan modal 7 jutaan saja, berikut perinciannya :

Pembuatan Tempat (Pondokan) : Rp. 2.000.000,-
Beli kompresor dan alat steam : Rp. 5.000.000,-
Total Modal Awal : Rp. 7.000.000,-

Keterangan :
Modal tersebut dibuat dengan asumsi bahwa lahat atau tempat adalah milik sendiri.

Biaya tersebut masih belum termasuk biaya operasional seperti pembelian bensin dan biaya listrik sekitar 500 ribu rupiah perbulannya, pembelian sampo motor dan semir ban sekitar 100 ribu rupiah setiap bulannya. Jadi biaya operasional setiap bulannya kirang lebih sekitar 600 ribu rupiah, akan tetapi bisa berubah tergantung situasi dan kondisi.

Analisa Keutungan Usaha Jasa Cuci Motor

Adapun perkiraan keutungan yang diperoleh kurang lebih rinciannya seperti berikut ini :

Di asumsikan dalam satu hari kita bisa mencuci sebanyak 20 sepeda motor dengan harga per motor Rp. 7.000,- maka :

Dalam sehari : 20 motor x Rp. 7.000 = Rp. 140.000,-
Dalam 30 hari : 140.000 x 30 hari = Rp. 4.200.000,-

Keuntungan bersih yang kita peroleh adalah:
4.200.000 – 600.000 = Rp. 3.800.000,-

Perhitungan diatas dibuat dengan asumsi mendapat sekitar 20 pelanggan setiap harinya, jika usaha anda mulai ramai maka keuntungan yang didapat pun akan meningkat. Ketika usaha anda mulai banyak dikenal masyarakat anda dapat menambah karyawan untuk membantu usaha anda. Sehingga anda dapat dengan cepat menyelesaikan banyak motor sekaligus dengan cepat.

Analisa tersebut merupakan sebuah perkiraan karena bisa jadi harganya bisa berubah-ubah. Namun jika kita perhatikan lagi prospek usaha ini bisa menjadi pilihan peluang usaha sampingan yang bagus yang bisa dijalankan siapapun tanpa keterampilan khusus.

Baca juga : Omset ratusan juta dari bisnis yogurt

Demikianlah sedikit ulasan singkat kami seputar analisa usaha dari bisnis cuci motor menggiurkan, semoga dari apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat.